Haru, Ridwansyah Taridala Bersimpuh di Hadapan sang Ibu Usai Dilantik Jadi Sekda Kota Kendari

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Rabu, 08 Juni 2022
0 dilihat
Haru, Ridwansyah Taridala Bersimpuh di Hadapan sang Ibu Usai Dilantik Jadi Sekda Kota Kendari
Ridwansyah Taridala saat bersimpuh kepada sang ibu, usai dirinya dilantik sebagai Sekda Kota Kendari oleh Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir. Foto: Ist

" Pelantikan mantan Kepala Bappeda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala, sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Pelantikan mantan Kepala Bappeda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala, sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari diwarnai suasana haru, Rabu (8/6/2022).

Hal itu terlihat saat Ridwansyah menerima ucapan selamat dari keluarga besarnya sambil bersalaman dan berpelukan.

Bahkan saat bersalaman dengan sang ibunda, Ridwansyah kemudian bersimpuh cukup lama di hadapan sang ibu, lalu keduanya terlihat menghapus air mata yang telah menetes di pipi.

Pantauan Telisik.id di lokasi pelantikan tersebut, banyak terdapat puluhan karangan bunga ucapan selamat yang ditujukan untuk mantan Kepala Bappeda Kota Kendari tersebut.

Diketahui pelantikan Sekda Kota Kendari, Ridwansyah telah melalui sejumlah tahapan hingga keluar rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Gubernur Sulawesi Tenggara.

Juga sebelumnya, ada tiga nama yang memperebutkan jabatan Sekda Kota Kendari ini, yaitu Kepala Dinas PUPR Kota Kendari, Erlis Sadya Kencana dan Kepala Inspektorat Kota Kendari, Syarifuddin.

Sekda Kota Kendari terpilih, Ridwansyah Taridala mengatakan bahwa dirinya akan langsung melakukan penyesuaian, apa lagi kepala daerah Kota Kendari telah memasuki akhir masa jabatan.

Baca Juga: Ridwansyah Taridala Terpilih Jadi Sekretaris Daerah Kota Kendari

"Insyaallah instrumennya telah disiapkan semua, mulai RPD pengganti RPJMD sudah siap. Mungkin yang mendesak ini RKPD Kota Kendari sudah sementara berada di Inspektorat," ujarnya.

Setelah itu, pihaknya akan melakukan persiapan akhir masa jabatan Wali Kota Kendari. Dimana pihaknya akan menjembatani karena peralihan kepemimpinan itu akan terjadi pada bulan Oktober mendatang.

Lanjut, dengan jabatan barunya tersebut ia meminta dukungan dan arahan Wali Kota Kendari dalam menjalankan tugas dan amanah serta untuk melanjutkan tugas Sekda sebelumnya.

"Akan dimulai dengan koordinasi dan kolaborasi yang akan ditata kembali. Sekaligus kami akan kembali belajar lagi tentunya dengan arahan dari bapak wali kota," ungkapnya.

Tempat sama, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir meminta agar Sekda yang baru dilantik segera membangun komunikasi dengan OPD serta merangkul stakeholder untuk mengoptimalkan potensi yang ada di Kota Kendari.

Seperti mengoptimalkan sejumlah program Pemerintah Kota Kendari yang sedang berjalan, misalnya pembangunan RS Tipe D, pembangunan Puskesmas Kandai dan Jalan Kembar Kali Kadia.

Menurutnya, posisi Sekda mempunyai tugas yang sangat penting dalam pemerintahan. Sehingga ia meminta para OPD untuk memberikan dukungan penuh pada Sekda dalam menjalankan tugas-tugasnya.

"Semoga tugas Sekda bisa berjalan dengan lancar guna memberikan pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya.

Baca Juga: Kelompok Pemuda Ini Hasilkan Uang Jutaan Rupiah Berbekal Ilmu Sewaktu Kuliah

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengatakan Ridwansyah Taridala merupakan seorang figur yang sangat tepat untuk menjabat Sekda Kota Kendari.

Karena kata dia, Ridwansyah Taridala merupakan salah satu ASN yang memulai karir dari bawah. Yakni mulai dari lurah, sekcam, camat, Kasatpol PP, Kesbangpol dan terakhir Kepala Bappeda Kota Kendari.

Semua itu kata dia adalah rangkaian proses yang menjadi penempa hingga akhirnya bisa menduduki jabatan Sekda Kota Kendari saat ini.

"Semua pengalaman yang telah beliau lewati, saya rasa itu sangat cukup dan sangat luar biasa untuk menunjang dari tugas-tugas yang akan dilakukan beliau," ungkapnya. (A)

Penulis: Andi Irna Fitriani

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga