Hasil Produk Lokal Seluruh Desa Dijajakan di HUT Kabupaten Bombana ke-19

Hir Abrianto, telisik indonesia
Minggu, 18 Desember 2022
0 dilihat
Hasil Produk Lokal Seluruh Desa Dijajakan di HUT Kabupaten Bombana ke-19
Pj Bupati Bombana didampingi Ketua Tim Penggerak PKK saat meninjau produk desa hasil industri kreatif masyarakat. Foto: Hir Abrianto/Telisik

" Sebagai rangkaian memeriahkan peringatan HUT Kabupaten Bombana ke-19, pemerintah kabupaten menggelar pameran kuliner dan produk unggulan yang dimiliki oleh setiap desa "

BOMBANA, TELISIK.ID - Sebagai rangkaian memeriahkan peringatan HUT Kabupaten Bombana ke-19, pemerintah kabupaten menggelar pameran kuliner dan produk unggulan yang dimiliki oleh setiap desa.

Dalam pantauan berbagai jenis produk yang diproduksi dengan bahan dasar hasil alam lokal ini dipamerkan secara terbuka oleh desa dan kelurahan.

Ketua Panitia Pemeran, Aziz Fair menerangkan dengan tekad bergerak cepat, bangkit dan berkolaborasi maka selain untuk memeriahkan HUT Bombana 2022, pameran produk juga bertujuan untuk mensosialisasikan dan mempromosikan berbagai potensi daerah baik dalam seni budaya, pariwisata, maupun industri kreatif di Bombana.

Baca Juga: Tim Ekspedisi Budaya Kota Tua dari Sejumlah Negara Tiba di Baubau

Utamanya potensi alam yang tersebar di 143 desa dan kelurahan yang tumbuh secara alami yang dapat dikembangkan sebagai upaya mendukung program Penjabat (Pj) Bupati Bombana, Burhanuddin yang dikenal dengan produk one village, one produk.

Dalam pemeran itu diisi oleh hasil produk atau industri kreatif, baik yang diolah secara manual maupun dengan olahan menggunakan mesin. Semua dipromosikan untuk menjadi nilai tambah perekonomian desa jika dikembangkan.

"Ini sejalan dengan program Pak Pj bupati yaitu satu desa satu produk,” bebernya, Minggu (18/12/2022).

Pj Bupati Bombana, Burhanudddin menegaskan, sumber daya alam yang berlimpah sehingga tidak ada alasan desa tidak melahirkan produk unggulan, mulai dari penggunaan pekarangan rumah, Ibu-ibu PKK bisa berinovasi dan berkreasi sehingga menghasilkan satu produk unggulannya sendiri, khususnya dari hasil pertanian bisa dikemas menjadi lebih menarik dan bernilai jual.

Baca Juga: Gagal di PPK Bisa Ikut Seleksi PPS

Terbukti, dalam pemeran seperti dalam pantauan, beberapa desa menjajakan hasil industri rumahan seperti bawang, kunyit, jahe merah, kripik pisang, minyak goreng dan sabun.

Untuk mewujudkan Bombana sebagai surga investasi, begitu banyak hasil-hasil bumi di Bombana yang selama ini kurang diketahui atau tidak disadari. Maka Bombana akan menjadi daya tarik tersendiri jika potensi-potensi alam yang sangat kaya dimanfaatkan dan diolah sedemikian rupa, sehingga memiliki nilai jual dan merangsang para investor untuk mengembangkan produk-produk unggulan.

"Kami mengajak masyarakat untuk selalu berfikir kreatif, inovatif dan tanamkan diri tentang cinta terhadap daerah,” pungkasnya. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga