Heboh, Turis Kenakan Sarung Buton Ikut Fashion Show

Febriyani, telisik indonesia
Minggu, 03 September 2023
0 dilihat
Heboh, Turis Kenakan Sarung Buton Ikut Fashion Show
Para turis yang mengikuti fashion show dengan mengenakan sarung khas Buton, dalam rangka festival Teluk Pasarwajo. Foto: Ist.

" Peserta Sail to Indonesia yang merupakan wisatawa dari berbagai negara mengikuti Sail Indonesia Fashion Week, dalam rangka festival teluk Pasarwajo yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Buton di Dive Center "

BUTON, TELISIK.ID - Peserta Sail to Indonesia yang merupakan wisatawa dari berbagai negara mengikuti Sail Indonesia Fashion Week, dalam rangka festival teluk Pasarwajo yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Buton di Dive Center, Minggu (3/9/2023).

Kepala Dinas Pariwisata Buton, Rusdi Nudi mengatakan, sehubungan dengan pelaksanaan Festival Teluk Pasarwajo dan kedatangan peserta sail, maka digelar Sail Indonesia Fashion Week.

Tujuan dari kegiatan ini untuk memperkenalkan corak kain di Buton sehingga seluruh peserta sail menggunakan kain Buton, kampuriu, jubah dari berbagai jenis kain untuk diperkenalkan motifnya termasuk makna dan kapan kain itu digunakan.

"Kita ingin memperkenalkan budaya Buton salah satunya melalui corak kain Buton kepada para turis sehingga di gelar fashion show hari ini. Kegiatan itu heboh, disukai para wisatawan. Kain yang digunakan dalan fashion show ini kain Buton jenis samasili, katambagawu, bancana kaluku bula dan katamba ijo, yang biasanya dipakai saat acara pernikahan atau melayat pada orang meninggal," jelasnya.

Baca Juga: Pj Bupati Kolaka Utara dan Buton Batal Dilantik, Ini Updatenya

Dia mengatakan, sebanyak 15 pasang peserta dari para wisman mengenakan kain sarung saat fashion show dan pemenangnya akan diumumkan saat gala diner.

Dia berharap dengan digelarnya fashion show tenunan Buton, budaya Buton akan semakin dikenal di manca negara.

Salah seorang turis asal Inggris, Saskia mengatakan, terkesan dengan kegiatan fashion show yang dilakukan Dinas Pariwisata, apalagi ini baru pertama kali diikutinya. Menurut dia, selama di Buton sangat senang apalagi warganya menerima dengan ramah dan kondisi alamnya masih alami.

Baca Juga: Pj Bupati Kolaka Utara dan Buton Kabarnya Dilantik Hari Ini

“Ini baru pertama kali saya ikuti, pernah ikut fashion show dulu tapi bukan dalam event seperti ini. Jadi ini sangat terkesan untuk saya,” ujarnya.

Selain mengikuti fashion show, para wisatawan juga mengikuti senam aerobik yang digelar di dive center Buton

Warga lokal pun tak kalah antusias untuk menyaksikan fashion show ini. Ini menjadi moment langkah menyaksikan para bule berlenggak lenggok dengan memakai sarung khas Buton

"Ini seru, melihat bule fashion show dengan menggunakan sarung khas Buton. Selain itu ini menjadi kebanggaan juga, di mana budaya Buton akan semakin dikenal kalangan luas. Pokoknya luar biasa," ucap salah satu penonton fashion show, Fina. (A)  

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga