Hindari 4 Jenis Makanan dan Minuman Ini saat Flu dan Batuk

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 03 Januari 2022
0 dilihat
Hindari 4 Jenis Makanan dan Minuman Ini saat Flu dan Batuk
Ilustrasi seseorang sedang batuk. Foto: Repro medicalnewstoday.com

" Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang dapat menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru "

KENDARI, TELISIK.ID - Banyak pantangan yang harus dihindari saat flu dan batuk menyerang tubuh. Bukan hanya menghindari keluar rumah, tapi juga makanan dan minuman.

Berbagai jenis minuman dan makanan sebaiknya tidak dikonsumsi saat sedang flu dan batuk. Pasalnya, makanan ini dapat memperparah kondisi dan memperlambat penyembuhan.

Mengutip halodoc.com, flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang dapat menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Flu atau influenza ini sangat umum terjadi di musim pancaroba.

Sementara batuk merupakan respon alami yang diberikan tubuh saat sistem pertahanan saluran napas mengalami gangguan dari luar. Melalui batuk, tubuh bisa membersihkan lendir atau faktor penyebab iritasi lainnya agar keluar dari paru-paru.

Saat flu dan batuk menyerang ada baiknya konsumsi makanan bernutrisi tinggi, banyak minum air putih, dan istirahat yang cukup agar flu dan batuk mereda.

Baca Juga: Selain Jeruk, Ternyata 5 Buah Ini Juga Mengandung Vitamin C

Selain itu, konsumsi obat-obatan juga bisa dilakukan untuk meringankan gejala flu dan batuk.

Mengutip cnnindonesia.com, berikut minuman dan makanan yang harus dihindari saat flu dan batuk:

1. Makanan bertekstur keras atau kasar

Makanan dengan tekstur yang keras dan kasar seperti kerupuk, keripik, dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di tenggorokan. Kondisi ini dapat memperparah batuk. Sebaiknya, makan makanan yang lunak agar mudah dicerna.

2. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji merupakan makanan yang sudah melewati proses pengolahan yang tinggi sehingga memiliki kandungan nutrisi yang rendah. Makanan ini dapat melemahkan sistem imunitas tubuh dan memperlambat penyembuhan flu.

Baca Juga: Awal Tahun 2022, Rutin Lakukan 5 Hal Ini untuk Kesehatan Jantung

3. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng mengandung minyak yang tinggi. Kandungan ini dapat memperparah peradangan di tenggorokan yang menyebabkan batuk.

4. Minuman berkafein

Minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda dapat memicu dehidrasi. Selain itu, minuman ini juga dapat mengandung gula yang bisa menyebabkan iritasi semakin parah. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga