Hindari Kebiasaan yang Bisa Bikin Pisau Tumpul dan Rusak

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 06 September 2023
0 dilihat
Hindari Kebiasaan yang Bisa Bikin Pisau Tumpul dan Rusak
Ada beberapa kebiasaan yang perlu diperhatikan jika tak ingin pisau Anda cepat tumpul dan rusak. Foto: Popmama.com

" Pisau merupakan salah satu peralatan memasak yang cukup penting di dapur. Kegunaannya untuk mengupas hingga memotong sayur, buah, dan bahan makanan lain sesuai kebutuhan "

KENDARI, TELISIK.ID - Pisau merupakan salah satu peralatan memasak yang cukup penting di dapur. Kegunaannya untuk mengupas hingga memotong sayur, buah, dan bahan makanan lain sesuai kebutuhan.

Mata pisau sangat penting, namun karena selalu sering dipakai, pisau jadi mudah tumpul dan berkarat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya pisau awet di antaranya:

1. Disimpan dengan alat dapur lain

Mengutip Grid.id, seringnya pisau disimpan di dalam tempat bersama sendok, garpu, dan alat dapur lainnya. Sayangnya, hal ini justru bisa membuat pisau jadi cepat rusak. Alat dapur lainnya bisa menggores mata pisau dan membuat ujung pisau jadi bengkok karena beradu dengan alat dapur lain. Lebih baik, pisahkan di tempat sendiri bersama dengan pisau yang lain.

Baca Juga: Begini Efek Pakai Vibrator, Organ Intim Jadi Tak Peka

2. Tidak Segera Dilap Setelah Dicuci

Setelah mencuci pisau, seringnya kita langsung menyimpannya. Paling penting, langsung lap pisau dengan lap kering.

3. Memotong di bahan keramik atau granit

Agar cepat, biasanya kita tidak menggunakan talenan saat memotong sesuatu dengan pisau. Meja dapur yang berbahan keramik atau granit pun jadi alasnya.

Kalau hal ini terus dilakukan, mata pisau akan lebih sering terbanting ke bahan yang lebih keras dan membuatnya cepat rusak, bergerigi dan tumpul.

Baca Juga: 5 Artis Wanita Taklukkan Hati Brondong, Ada yang Beda Usia 15 Tahun

4. Cuci pisau dengan mesin pencuci piring

Dikutip dari Kompas.com, pisau cukup dicuci manual menggunakan tangan dan air hingga bersih untuk menjaga kualitasnya. Bila memiliki mesin pencuci piring, sebaiknya hindari alat ini saat membersihkan pisau. Sebab, bilah dan gagang pisau yang terkena suhu tinggi dan deterjen dari mesin pencuci piring bisa cepat rusak. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga