adplus-dvertising

Hindari Macet Menuju Pantai Pangandaran, Warga Diimbau Pakai Jalur Alternatif

Marwan Azis, telisik indonesia
Kamis, 05 Mei 2022
449 dilihat
Hindari Macet Menuju Pantai Pangandaran, Warga Diimbau Pakai Jalur Alternatif
Pengunjung di Pantai Pangandaran, Jabar. Foto: Repro Mypangadaran.com

" Puluhan ribu wisatawan terus berdatangan ke Pantai Pangandaran untuk mengisi libur Lebaran sejak H+2 "

BANDUNG, TELISIK.ID - Untuk menghindari kemacetan saat hendak berwisata menuju Pantai Pangandaran, Jawa Barat, warga diimbau gunakan jalur alternatif Pantai Selatan.

Imbauan tersebut disampaikan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar).

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, sejumlah jalur alternatif itu pun telah dicek dan disiapkan agar bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan.


"Untuk menghindari kemacetan, penumpukan pemudik dan jalur yang padat, pemudik dapat menggunakan beberapa jalur alternatif yang telah direncanakan," kata Ibrahim di Bandung, Kamis (5/5/2022) seperti dikutip Telisik.id dari Antara.

Hingga kini kata Ibrahim, puluhan ribu wisatawan terus berdatangan ke Pantai Pangandaran untuk mengisi libur Lebaran sejak H+2.

Sehingga banyak dari mereka yang terjebak kemacetan parah hingga berjam-jam, dan tak sedikit yang mengurungkan niat berwisata.

Baca Juga: Mau Balik Usai Lebaran, Ini Jadwal Baru Feri KMP Dharma Kencana I

Adapun kepadatan kendaraan terjadi di jalur arteri menuju Pangandaran yakni mulai dari kawasan Kota Banjar, hingga ke selatan. Karena itu, menurutnya, jalur alternatif perlu digunakan untuk memecah fokus kepadatan kendaraan.

Menurutnya pula, jika wisatawan berangkat dari daerah Bandung, maka jalur alternatif yang bisa dilalui yakni jalur wisata Ciwidey atau Pangalengan menuju ke arah Cidaun, Cianjur. Kemudian, kata dia lagi, para wisatawan bisa menelusuri jalur Pantai Selatan ke arah timur.

Sebelum mencapai Pangandaran, nantinya para wisatawan juga akan menemukan sejumlah objek wisata lainnya seperti Pantai Rancabuaya, Pameungpeuk, Cipatujah, Cikalong, Cijulang, dan Parigi.

Lalu, wisatawan dari Jakarta juga bisa menikmati jalur alternatif Pantai Selatan mulai dari Pelabuhan Ratu, Sukabumi, kata dia lagi.

Baca Juga: Copot Baliho Ucapan Idul Fitri, Ansor Cabang Kencong Protes Kebijakan Bupati Jember

Nantinya para wisatawan dari Jakarta itu pun bakal dipertemukan dengan kawasan wisata seperti Geopark Ciletuh, Pantai Ujung Genteng, Tegal Buleud, Agrabinta, dan Sindang Barang.

Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana memprediksi masyarakat yang memadati berbagai tempat wisata di Jabar akan berlangsung hingga Minggu (8/5/2022) atau H+5 setelah Lebaran 2022.

Namun puncak kepadatan mobilitas masyarakat ke tempat wisata diprediksi akan terjadi pada Jumat (6/5/2022) atau Sabtu (7/5/2022). Karena, kata dia, hari libur pada Lebaran 2022 ini cukup panjang.

"Puncaknya bisa di Jumat dan Sabtu. Sehingga kami harus membagi kekuatan personel untuk mengawasi semua objek wisata," kata Suntana, di Bandung. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga