Hoaks Pembayaran Biaya Pembangunan, Maba UHO Nyaris Tertipu

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Kamis, 09 September 2021
0 dilihat
Hoaks Pembayaran Biaya Pembangunan, Maba UHO Nyaris Tertipu
Gedung Rektorat Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Hal tersebut langsung ditanggapi Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu. Ia dengan tegas mengatakan bahwa informasi tersebut ialah hoaks. "

KENDARI, TELISIK.ID - Beredar informasi mengenai permintaan pembayaran biaya pembangunan yang dikirim melalui Email kepada Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Halu Oleo (UHO), Beberapa waktu lalu.

Hal tersebut langsung ditanggapi Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu. Ia dengan tegas mengatakan bahwa informasi tersebut ialah hoaks.

 

Pengumuman pembayaran biaya pembangunan yang dikirim melalui email. Foto: Ist.

 

"Saya sudah menerima secara resmi para mahasiswa baru tahun 2021, jadi tidak ada lagi pungutan-pungutan biaya," tegas Zamrun.

Baca juga: Memahami Siklus Air, Proses Keberadaan Air di Bumi

Baca juga: UHO Kini Punya Jurusan Jurnalistik Kategori Baik Sekali

Beberapa Maba mengaku sempat melihat dan mendengar informasi tersebut melalui status WhatsApp, tapi tidak lama setelah itu mereka mendapatkan informasi bahwa permintaan pembayaran biaya pembangunan tersebut adalah hoaks.

"Pertama kali mendengar informasi tersebut saya merasa sedikit terbebani, tapi untungnya saya cepatji lagi dapat kabar kalau hoaks itu. Jadi tidak lamaji saya kepikiran soal itu biaya pembangunan," kata Irham, salah satu mahasiswa baru UHO.

Lebih lanjut, beberapa juga Maba mengatakan bahwa saat mendengar informasi tersebut merasa biasa saja karena mereka fikir memang sudah seperti itu, sebab sebagai mahasiswa baru belum mengetahui apapun.

"Saya pas dengarnya itu merasa biasa saja, karena saya pikir memang sudah seperti itu. Tapi ternyata hoaks pale dan tidak lama setelah itu saya dapat lagi informasi kalau modus penipuan itu," ujar mahasiswa baru UHO lainnya, Isti. (A)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Fitrah Nugraha 

Artikel Terkait
Baca Juga