Honor Petugas Kebersihan Belum Dibayar Rp 500 Juta, DLH Koordinasi BPKAD

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 31 Maret 2022
0 dilihat
Honor Petugas Kebersihan Belum Dibayar Rp 500 Juta, DLH Koordinasi BPKAD
Petugas kebersihan mengangkut sampah. Foto: Sunaryo/Telisik

" Tenaga honorer petugas kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Muna menjerit. Pasalnya, honor mereka selama dua bulan (November-Desember) tahun 2021 belum juga dibayarkan "

MUNA, TELISIK.ID - Tenaga honorer petugas kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Muna terus menjerit. Pasalnya, honor mereka selama dua bulan (November-Desember) tahun 2021 belum juga dibayarkan hingga akhir Maret 2022 ini.

Plt Kadis LH Muna, La Ode Matalana mengaku telah mengetahui kekurangan honor anggotanya tahun 2021. Untuk kurang lebih 270 honorer, honor yang belum dibayarkan sebesar kurang lebih Rp 500 juta. Nah untuk itu, ia telah berkoordinasi dengan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

"Kita sudah koordinasi di BPKAD. Kekurangan honor itu berdasarkan rekomendasi BPK menjadi utang daerah dan tetap akan dibayarkan tahun ini," kata Matalana, Kamis (31/3/2022).

Sementara itu, Kepala BPKAD Muna, Amrin Fiini menerangkan, kekurangan honor bukan saja terjadi pada petugas kebersihan. Tapi juga pada honorer Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan insentif dokter.

Baca Juga: Kekurangan Honor Petugas Kebersihan Tunggu Perubahan APBD 2022

Kekurangan itu, menurutnya disebabkan akibat adanya kenaikan honor yang kemudian disiasati pagunya ditambah di Perubahan APBD 2021. Namun, perubahan itu tidak terjadi, sehingga dananya tidak bisa dicairkan.

Baca Juga: Petugas Kebersihan Keluhkan Masyarakat Masih Buang Sampah Sembarangan

"Dananya sebenarnya tersedia, hanya karena Perubahan APBD tidak ada, sehingga tidak bisa dibayarkan," katanya.

Untuk kekurangan itu, berdasarkan rekomendasi BPK akan dibayarkan tahun ini. Kekurangan honor akan dimasukkan di Perubahan APBD 2022.

"Jadi bersabar. Kekurangan itu tetap dibayarkan," tandasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga