Hore, Vaksin Booster Tahap Dua di Jawa Timur Gratis

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Rabu, 25 Januari 2023
0 dilihat
Hore, Vaksin Booster Tahap Dua di Jawa Timur Gratis
Vaksinasi booster tahap II sudah mulai dilakukan di Jawa Timur. Sejumlah pusat pelayanan kesehatan sudah menyiapkan vaksinasi booster tahap II secara gratis. Foto: Ist.

" Vaksinasi booster kedua ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI "

SURABAYA, TELISIK.ID - Pemerintah menyiapkan vaksin booster tahap kedua bagi masyarakat umum di Jawa Timur secara gratis, yang sudah dimulai Selasa (24/1/2023) kemarin.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, vaksinasi booster kedua ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI HK.02.02/C/380/2023 yang ditetapkan pada 20 Januari 2023 lalu di Jakarta.

Dimana, berdasarkan rekomendasi Komite Ahli Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesia Technical Advisory Group on Immunization/ITAGI) dalam surat nomor ITAGI/SR/23/2022 tanggal 24 November 2022 disampaikan bahwa vaksinasi COVID-19 booster kedua dapat diberikan bagi masyarakat umum.

"Alhamdulillah di Jatim, kami selalu siap untuk memberikan layanan kesehatan terutama untuk penanganan COVID-19. Vaksinasi booster kedua untuk masyarakat,” jelasnya, Rabu (25/1/2023).

Mantan mensos ini mengatakan, dirinya minta pemerintah kabupaten dan kota untuk segera menindaklanjuti ketentuan vaksin booster kedua itu. Khofifah  berharap, fasilitas untuk mempercepat proses tersebut dapat disiapkan bahkan sampai ke tingkat kelurahan.

Baca Juga: Dinkes Sulawesi Tenggara Harap Vaksinasi Booster Juga Diberikan pada Masyarakat Umum

"Saya minta kepada bupati/wali kota untuk segera menyiapkan apa yang dibutuhkan untuk masyarakat agar bisa segera divaksin. Silakan dikoordinasikan dengan pihak terkait sampai ke lapisan terkecil," imbuh Ketum Muslimat NU ini.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur, dr. Erwin Astha Triyono mengatakan, pihaknya bersama Dinkes kabupaten/kota juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat umum untuk segera mendapatkan vaksinasi COVID-19 booster kedua mulai Selasa (24/01/2023) di fasyankes terdekat.

"Kami telah menyampaikan kepada masyarakat bahwa vaksinasi booster kedua sudah bisa didapatkan secara gratis mulai Selasa (24/01/23) di puskesmas atau fasyankes terdekat lainnya," paparnya.

Erwin menambahkan bahwa vaksinasi COVID-19 booster kedua ini bermanfaat bagi masyarakat.

Baca Juga: Dinkes Konawe Genjot Vaksinasi Booster Dosis 2 untuk Nakes

"Selain untuk mempertahankan tingkat kekebalan tubuh terhadap COVID-19, vaksinasi booster kedua ini juga bermanfaat untuk memperkuat antibodi yg sudah terbentuk sehingga bisa memperpanjang perlindungan tubuh terhadap COVID-19 terutama terhadap munculnya varian-varian baru," jelasnya.

Sebagai informasi, pemberian vaksinasi COVID-19 booster kedua tersebut diberikan dengan interval enam bulan sejak vaksinasi booster pertama dilaksanakan.

Jenis vaksin yang digunakan untuk booster kedua ini adalah vaksin yang telah mendapat persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga