HUT Sultra ke-58, Gubernur Ali Mazi Ungkap Enam Capaian Pembangunan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 27 April 2022
0 dilihat
HUT Sultra ke-58, Gubernur Ali Mazi Ungkap Enam Capaian Pembangunan
Gubernur saat menghadiri rapat paripurna istimewa di gedung DPRD Sultra. Foto: Ist.

" Gubernur Ali Mazi mengemukakan setidaknya enam kemajuan yang telah dicapai provinsi ini dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Sultra "

KENDARI, TELISIK.ID - Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) genap berusia 58 tahun pada 27 April 2022 hari ini. Sebagai rangkaian peringatan  HUT Sultra, telah digelar rapat paripurna istimewa DPRD Sultra, Selasa (26/4/2022) kemarin.

Gubernur Ali Mazi mengemukakan setidaknya enam kemajuan yang telah dicapai provinsi ini dalam Rapat Paripurna Istimewa itu.

Enam capaian itu tidak seluruhnya positif. Beberapa di antaranya membutuhkan pembenahan yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Pertama, Sultra dalam kategori aman dari gangguan kamtibmas, kecuali gangguan kriminal biasa. Kedua, tahun 2021 di masa pandemi, pertumbuhan ekonomi Sultra mencapai 4,10 persen. Lebih baik dari tahun 2020 sebesar minus 0,65 persen. Ketiga, Rasio Gini Sultra pada September 2021, daerah perkotaan menurun sebesar 0,402 dibanding September 2020 sebesar 0,403. Sedangkan di daerah pedesaan naik sebesar 0,353 dibanding September 2020 sebesar 0,348.

Keempat, tingkat kemiskinan pada September 2021 sebesar 11,74 persen (323.260 jiwa). Meningkat dibandingkan Maret 2021 sebesar 11,66 persen (318.700 jiwa). Capaian ini membutuhkan kerja keras lagi untuk menurunkannya. Kelima, Tingkat Pengangguran Terbuka pada Agustus 2021 sebesar 3,92 persen. Menurun dibanding bulan Agustus 2020, yang mencapai 4,58 persen.

Baca Juga: Dukung Percepatan Pembangunan Daerah, UHO Kendari dan Pemkab Konsel Teken MoU

Keenam, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sultra pada tahun 2021 mencapai 71,66 lebih tinggi dari tahun 2020 yang mencapai 71,45.

"Semua capaian tersebut dapat terwujud karena adanya sinergitas semua komponen pembangunan di daerah ini, meskipun diperhadapkan pada berbagai persoalan, baik bersifat lokal, nasional maupun global seperti gangguan pandemi COVID-19,” kata Ali.Mazi.

Gubernur menambahkan, walaupun pandemi COVID-19 sudah melandai dan berbagai aktivitas sudah dilonggarkan, namun demikian, tidak boleh lengah. Harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan serta menyukseskan program vaksinasi.

“Sehubungan dengan itu, kami tetap berharap kepada semua pihak, khususnya unsur pimpinan dan segenap anggota dewan yang terhormat untuk senantiasa memberikan masukan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, terutama fungsi pengawasan, fungsi legislasi, agar pembangunan di daerah ini senantiasa berjalan lancar sebagaimana harapan kita bersama. Mari perkuat sinergitas agar kita bisa membangun dan menjadikan Sulawesi Tenggara lebih baik, di masa kini dan di masa yang akan datang,” tutupnya.

Baca Juga: Dispar Sultra Akan Pantau Destinasi Wisata Selama Libur Lebaran

Hadir pada rapat paripurna istimewa tersebut anggota DPR RI Hugua, Ketua DPRD Abdurrahman Shaleh, Pj. Sekda Asrun Lio, unsur Forkopimda, anggota DPRD, para kepala OPD lingkup pemprov, pimpinan lembaga vertikal baik sipil maupun TNI/Polri.

Peringatan HUT Sultra tahun ini bertema "Dengan Semangat Garbarata Kita Wujudkan Sultra Aman, Maju, Sejahtera, dan Bermartabat". (C)

Reporter: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga