Idul Adha 2023, Ponpes Pancasila Reo Sembelih 11 Ekor Hewan Sehat Distribusi Sampai Manggarai Timur

Berto Davids, telisik indonesia
Kamis, 29 Juni 2023
0 dilihat
Idul Adha 2023, Ponpes Pancasila Reo Sembelih 11 Ekor Hewan Sehat Distribusi Sampai Manggarai Timur
Penyembelihan hewan kurban Idul Adha 1444 hijriah tahun 2023 di Ponpes Pancasila Reo. Foto: Berto Davids/Telisik

" Pondok Pesantren (Ponpes) Pancasila Reo, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, menyembelih 11 ekor hewan sehat di Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023 "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Pondok Pesantren (Ponpes) Pancasila Reo, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, menyembelih 11 ekor hewan sehat di Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023. Penyembelihan hewan kurban itu berlangsung dua hari, yakni hari ini 29 Juni 2023 dan 30 Juni 2023.

Ketua panitia kurban Ponpes Pancasila Reo, Ahmad Yani mengatakan, jumlah hewan kurban tahun 2023 ini sebanyak 11 ekor dengan rincian 10 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Tetapi yang disembelih hari ini hanya 6 ekor, sisanya akan dilanjutkan besok.

Semua hewan kurban yang disembelih pada hari raya Idul Adha 1444 hijriah ini, kata Yani, dinyatakan bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) berdasarkan pemeriksaan Dinas Peternakan.

PLT Dinas Peternakan Kabupaten Manggarai, Yosef Mantara mengatakan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan langsung ke beberapa titik tempat penyembelihan hewan, yakni di Masjid Salama, Masjid Batok, Masjid Nurul Huda, Masjid Nurul Fallah, Masjid Kedindi, Nanga Banda dan Ponpes Pancasila Reo.

Dari hasil pemeriksaan pada sejumlah titik itu, kata Yosef, semua hewan kurban dinyatakan sehat, baik hewan yang masih hidup maupun yang sudah disembelih.

Baca Juga: Jemaah Salat Id Terganggu Aroma Menyengat Sampah Pasar Wameo

"Semua hewan dinyatakan sehat dan layak disembelih. Tadi sudah diperiksa oleh petugas kami yang bagi per tim," kata Yosef.

Sementara itu, pengasuh Ponpes Pancasila Reo, Ustad Jiyanto mengatakan, shohibul kurban untuk tahun ini berasal dari Jakarta, Tangerang, Semarang, Boyolali, Denpasar, Kupang, Ruteng dan Reo sekitarnya.

Shohibul kurban tahun ini termasuk dari keluarga besar KPPN Ruteng.

Ia mengatakan, proses pendistribusian daging kurban tetap memprioritaskan para shohibul kurban, sesama Muslim lebih khusus fakir miskin, termasuk juga santriwan santriwati yang berada di Ponpes Pancasila Reo dan saudara atau kerabat non muslim di sekitarnya.

"Kita memang prioritaskan umat Muslim untuk pembagian daging kurban. Tapi tak terkecuali umat non muslim dan ini sudah sering kita lakukan," ungkap Jiyanto.

Tahun ini, lanjut dia, pendistribusian daging kurban untuk wilayah terjauh akan menyasar sampai ke Kabupaten Manggarai Timur.

Hal itu karena dua wilayah tersebut merupakan basis santri Ponpes Pancasila Reo.

"Kita melihat ada basis santri di Manggarai Timur. Karena itu dagingnya juga kita distribusikan ke sana. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya menyasar di Kecamatan Reok dan Reok Barat," tuturnya.

Baca Juga: Jadi Khatib Salat Idul Adha di Lapangan Balai Kota Kendari, Ini Pesan Wakil Gubernur

Untuk para shohibul kurban, ia menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan menyerahkan hewan kurban melalui Ponpes Pancasila Reo. Ia mendoakan, semoga pengorbanan para shohibul kurban barokah untuk keluarga besar dan barokah pula untuk semua harta.

Ia menambahkan, penyelenggaraan hari raya kurban tahu ini atas dasar kerja sama antara ikatan alumni Pondok Gontor Cabang NTT, KPPN Ruteng, Shohibul kurban dan Ponpes Pancasila Reo. Harapannya, kerja sama ini terus berlanjut dan ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang.

Untuk diketahui Slogan Hari Raya Idul Adha tahun 2023 Ponpes Pancasila Reo adalah "Sebar Kurban Barokah, Bahagia Kita Bahagia Mereka". (A)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga