Idul Adha Tahun Ini Berbeda, Penumpang Kapal Malam Rute Kendari-Raha Membludak

Erni Yanti, telisik indonesia
Minggu, 16 Juni 2024
0 dilihat
Idul Adha Tahun Ini Berbeda, Penumpang Kapal Malam Rute Kendari-Raha Membludak
Terlihat penumpang kapal malam rute Kendari-Raha membludak, bahkan rela berdesak-desakan di atas kapal. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Kepadatan penumpang di pelabuhan kapal malam Kendari mulai terjadi sejak sore pukul 18:00 hingga malam, antrean semakin mengular "

KENDARI, TELISIK.ID - Nampak berbeda dengan Idul Adha tahun-tahun sebelumnya, para penumpang kapal malam rute Kendari-Raha terlihat membludak, bahkan mereka rela menunggu antrean panjang untuk mendapatkan tiket, Sabtu (15/6/2024) malam.

Berdasarkan pantauan Telisik.id, kepadatan penumpang mulai terjadi sejak sore pukul 18:00 hingga malam, antrean semakin mengular.

Dia area parkir, calon penumpang lebih banyak lagi, karena tak ada lagi tempat antrean tiket, terpantau semakin banyak calon penumpang berdatangan.

Kepala KSOP Kelas II Kendari, Rahman mengatakan 2 hingga 3 hari jelang lebaran Idul Adha, penumpang padat di Pelabuhan Kapal Malam.

"Sudah udah malam agak padat penumpang. Kami sudah antisipasi dengan melakukan rapat koordinasi sejak awal soal kemungkinan besar ada kenaikan penumpang karena ada libur panjang lagi," kata  Rahman.

Baca Juga: Dua Tarekat Ini Rayakan Idul Adha 1445 Hijriah Lebih Cepat dari NU dan Muhammadiyah, Simak Perjalanan Mahzabnya

Dengan jumlah penumpang sebanyak 320 orang, kemungkinan hingga hari ini masih membludak.

"Tahun ini memang berbeda barusan tahun ini lebaran Idul Adha banyak penumpang. Tahun lalu normal seperti biasa, mungkin karena libur panjang, kemudian kondisi cuaca aman untuk wilayah Sulawesi Tenggara," ucap Rahman.

Meski lebaran, namun jadwal operasional kapal malam rute Kendari-Raha tetap jalan, dan kapal-kapal selalu stand by.

Salah seorang penumpang, Ila mengaku datang ke pelabuhan sejak Maghrib dan harus menunggu antrean panjang untuk mendapatkan tiket.

"Saya turun Maghrib tadi, saya kira tidak banyak penumpang karena biasanya lebaran Idul Adha tidak banyak penumpang, berbeda dengan Idul Fitri. Tapi ternyata tahun ini banyak sekali," katanya.

Baca Juga: Jelang Hari Raya Idul Adha 2024 Toko Pakaian di Kota Kendari Ramai Pembeli

Sementara penumpang yang lain, Nila mengaku rela menunggu berjam-jam karena antrean mengular panjang.

"Panjang sekali antrean ini, mungkin karena bertepatan dengan cuti bersama jadi lebaran Idul Adha tahun ini mudiknya cukup ramai," ungkapnya.

Terlihat banyak penumpang yang berdiri karena tak dapat tempat tidur, bahkan ratusan orang tak kebagian tiket dan harus menunggu kapal berikutnya. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga