Implementasi Garbarata, Kemenag Sulawesi Tenggara Canangkan Program Sultra Berkurban

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Jumat, 27 Mei 2022
0 dilihat
Implementasi Garbarata, Kemenag Sulawesi Tenggara Canangkan Program Sultra Berkurban
Sambut Lebaran Idul Adha 2022, Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara, canangkan Sultra Berkurban, sebagai bentuk implementasi salah satu poin Garbarata. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Program Sulawesi Tenggara Berkurban akan diikoodinir langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sultra agar perputaran kurban berjalan dengan baik "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagai bentuk implementasi dari salah satu poin Garbarata yakni Sulawesi Tenggara beriman dan bertakwa, Kantor Wilayah Kementerian Agama Sultra mencanangkan program Sultra Berkurban, pada lebaran Idul Adha 2022.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sultra, H. Zainal Mustamin mengatakan, program Sulawesi Tenggara Berkurban tersebut akan diikoodinir langsung oleh pihaknya, agar perputaran kurban berjalan dengan baik.

Yakni bisa menjangkau sekaligus menghidupkan perekonomian masyarakat, yang sebelumnya tidak terjangkau dari segi peternak sapi dan kambing.

"Program ini akan di-launching pada hari Selasa depan," ucapnya usai menghadiri manasik calon jemaah haji Kota Kendari, Kamis (26/5/2022).

Menurutnya, program tersebut merupakan hal yang luar biasa jika mampu digarap, sehingga dengan waktu kurang lebih 6 minggu sebelum Lebaran Idul Adha, pihaknya bakal menggaungkan program tersebut.

Baca Juga: Transportasi Calon Jemaah Haji Kota Kendari ke Embarkasi Makassar Gratis

"Kami akan mulai terus sosialisasikan hal tersebut, agar Sultra Berkurban, yakni semangat berbagi menjangkau yang tak terjangkau bisa terealisasi," ujarnya.

Mengetahui hal tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kendari, Muhammad Lalan Jaya, menyambut baik program Sultra Berkurban yang dicanangkan Kementerian Agama tersebut.

Karena kata dia, sejak dirinya bertugas di Kota Kendari, ia mempunyai inisiatif untuk mengusulkan hal itu agar dapat dilakukan juga di Kota Kendari.

"Sebelum saya hadir di sini, di Konawe Kepulauan itu setiap tahun kita berkurban," ucap mantan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Konawe Kepulauan tersebut.

Sementara itu, salah seorang warga Kambu, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Waode Estianti mengatakan, jika memang benar program tersebut akan berjalan, ia berharap seluruh masyarakat bisa merasakannya.

Baca Juga: Dukungan BKKBN Sulawesi Tenggara dalam Konvergensi Pencegahan Stunting

"Terutama bagi mereka yang bisa dibilang kurang dari segi ekonomi," katanya, Jumat (27/5/2022).

Bahkan kata dia, jika ingin membentuk kepengurusan untuk pembagian daging kurban nantinya, akan lebih baik jika setiap tempat disiapkan beberapa pengurus untuk nantinya membagikan secara langsung.

"Sehingga tidak ada yang tidak dapat, bagusnya setiap kelurahan atau lorong ada koordinatornya sendiri," ujarnya. (A)

Penulis: Andi Irna Fitriani

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga