Indentitasnya Disoal, Rusman Malas Pusing

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 11 Oktober 2020
0 dilihat
Indentitasnya Disoal, Rusman Malas Pusing
Cabup Muna, LM Rusman Emba bersama mantan Bupati Muna, LM Baharuddin. Foto: Sunaryo/Telisik

" Biasalah itu, sengaja dipolitisir. "

MUNA, TELISIK.ID - Polemik perbedaan identitas Calon Bupati (Cabup) Muna, LM Rusman Emba di KTP-el dan ijazah masih terus berlanjut.

Bahkan, akibat Rusman ditetapkan sebagai Cabup, Ketua KPU Muna, Kubais dilaporkan di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Rusman sendiri, tidak mau ambil pusing dengan hal tersebut. Menurutnya, persoalan tersebut sengaja dibesar-besarkan oleh pesaingnya yang sudah panik dan inginkan dirinya didiskualifikasi.

"Biasalah itu, sengaja dipolitisir," katanya dengan santai, Minggu (11/10/2020).

Bupati Muna yang sementara cuti itu mengaku, persoalan namanya tidak ada yang salah. Memang namanya, LM Rusman Untung Emba. Menjadi tidak salah ketika, ia menyingkat namanya di bagian belakang menggunakan fam orang tuanya, Emba.

Baca juga: JaDI Sultra Minta Bawaslu Tindak Tegas Cakada Pelanggar Protokol Kesehatan

Apalagi, sejak menjadi Caleg DPRD Muna tahun 2004 silam, semua mekanisme dari kelurahan hingga ke Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) prosesnya sudah dilalui. Lalu, saat menjadi Caleg DPRD Provinsi dan calon DPD RI, telah ada putusan Pengadilan Negeri (PN) Kendari.

"Tidak ada pembohongan publik dengan nama saya itu. Orang di Sultra kenal saya dengan nama LM Rusman Emba. Justru yang berbohong itu yang menggunakan titel S.Pd dan Drs," tegasnya.

Ia tahu yang mempersoalkan namanya bukan masyarakat. Tetapi, rival politik yang inginkan dirinya didiskualifikasi sehingga bisa menang W.O di Pilkada 9 Desember.

"Itu bentuk kepanikan lawan yang sudah tidak mampu merebut simpati masyarakat, sehingga segala menghalalkan segala macam cara," pungkasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga