adplus-dvertising

Indonesia Melaju ke Final Piala AFF 2020, Tumbangkan Singapura 4-2

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 26 Desember 2021
550 dilihat
Indonesia Melaju ke Final Piala AFF 2020, Tumbangkan Singapura 4-2
Pemain Timnas Indonesia saat merayakan kemenangan atas Singapura. Foto: Repro Kompas.com

" Timnas Indonesia akhirnya melaju ke final setelah menggulung Singapura dengan skor 4-2 "

KENDARI, TELISIK.ID - Timnas Indonesia akhirnya melaju ke final setelah menggulung Singapura dengan skor 4-2 di laga semifinal leg kedua Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/2021) malam.

Bermain di National Stadium Singapore, Timnas Indonesia sempat kewalahan dan harus berjuang sampai babak perpanjangan waktu untuk menumbangkan Singapura.

Singapura harus bermain dengan delapan pemain setelah Safuwan Baharudin, Irfan Fandi, dan Hassan Sunny mendapat kartu merah pada detik-detik akhir pertandingan di perpandangan waktu kedua.


Timnas Indonesia membuka keunggulan pada menit ke-11 lewat Ezra Walian mencetak gol memanfaatkan umpan yang diberikan oleh Witan Sulaeman.

Unggul satu gol, Timnas Indonesia tak mengendurkan serangan. Pasukan Shin Tae Yong masih terus menekan ke pertahanan Singapura.

Namun tak lama berselang, Singapura bisa menyamakan kedudukan lewat gol penyeimbang Song Ui-young. Kedua tim mengakhiri babak pertama dengan skor 1-1.

Baca Juga: Leg Kedua Lawan Singapura Malam Ini, Timnas Indonesia Tambah Kekuatan dari 2 Winger

Pada babak kedua, Timnas Indonesia masih terus bermain menyerang. Pasukan Shin Tae Yong sangat agresif menekan ke pertahanan Singapura karena unggul jumlah pemain.

Singapura akhirnya berhasil berbalik unggul pada menit ke-74. Shahdan Sulaiman menjebol gawang Nadeo Argawinata melalui tendangan bebas.

Dalam keadaan tertinggal, Timnas Indonesia mencoba meningkatkan serangan. Rachmat Irianto melepas tembakan jarak jauh pada menit ke-78 tapi bola masih melambung ke atas gawang lawan.

Usaha Timnas Indonesia untuk menyamakan kedudukan membuahkan hasil pada menit ke-87. Pratama Arhan mencetak gol setelah menyambar bola yang rebound dari kiper Singapura.

Pada injury time, Singpura mendapat hadiah penalti. Akan tetapi, Nadeo Argawinata berhasil menepis tembakan Faris Ramli.

Baca Juga: Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik, Kiprah di Piala AFF 2020 Beri Pengaruh Besar

Tak ada tambahan gol tercipta di sisa waktu babak kedua. Skor 2-2 bertahan hingga waktu normal tuntas dan duel dilanjutkan ke 2x15 menit (Extratime).

Memasuki Extratime Indonesia akhirnya kembali berbalik unggul pada menit ke-91 setelah Anuar membuat gol digawangnya sendiri.

Sembilan menit berselang Indonesia akhirnya kembali menambah gol lewat sepakan Egy Maulana didalam kota pinalti Singapura. Skor 4-2 untuk kemenangan Indonesia bertahan hingga pertandingan usai.

Hasil ini membawa Indonesia ke Final Piala AFF 2020 dan akan menunggu pemenang laga antara Vietnam vs Thailand. (B)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga