adplus-dvertising

Indonesia Punya Rekor Buruk Lawan Thailand, Ini Kata Shin Tae-yong

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 27 Desember 2021
1208 dilihat
Indonesia Punya Rekor Buruk Lawan Thailand, Ini Kata Shin Tae-yong
Pemain Singapura Nur Adam Abdullah (kiri) beradu dengan pemain Indonesia Witan Sulaeman pada pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2020. Foto: Repro Mns.com

" Timnas Indonesia dipastikan akan berhadapan dengan Thailand dalam final Piala AFF 2020 pada Rabu (29/12/2021) "

JAKARTA, TELISIK.ID - Timnas Indonesia dipastikan akan berhadapan dengan Thailand dalam Final Piala AFF 2020 pada Rabu (29/12/2021).

Indonesia berhasil lolos ke final Piala AFF usai menyingkirkan Singapura dalam pertandingan penuh drama dengan kemenangan agregat 5-3. Sedangkan Thailand melaju ke final usai menyingkirkan Vietnam dengan kemenangan agregat 2-0.

Melihat catatan pertemuan kedua tim, Timnas Indonesia memiliki rekor yang buruk ketika menghadapi Tim Gajah Perang di Piala AFF.


Sejak pertemuan pertama pada fase grup Piala AFF 1998, Indonesia total telah menelan sembilan kekalahan dari 12 pertemuan melawan Thailand. Indonesia tercatat baru tiga kali menang atas Thailand.

Dilansir dari Cnnindonesia.com, kemenangan pertama Indonesia atas Thailand diraih pada pertandingan perebutan peringkat ketiga Piala AFF 1998.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh tersebut Indonesia menang atas Thailand lewat babak adu penalti dengan skor 5-4.

Kemenangan kedua diraih Indonesia saat membungkam Thailand 2-1 pada laga Grup A Piala AFF 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 7 Desember 2010.

Lalu kemenangan terakhir Timnas Indonesia atas Thailand terjadi di final leg pertama Piala AFF 2016. Saat itu Timnas Indonesia menang 2-1 di Stadion Pakansari, Bogor.

Indonesia dan Thailand total telah bertemu empat kali di partai puncak Piala AFF yaitu final Piala AFF 2000, final Piala AFF 2002, final leg pertama Piala AFF 2016, dan final leg kedua Piala AFF 2016.

Baca Juga: Thailand Jadi Lawan Timnas Indonesia di Final Piala AFF 2020

Dari empat pertemuan tersebut Indonesia hanya mencatatkan satu kemenangan, yakni pada final leg pertama Piala AFF 2016. Sementara, tiga laga final lainnya berujung kekalahan untuk Indonesia.

Sementara itu dilnasir dari Okezone.com pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong terlihat mengamati langsung pertandingan Thailand vs Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020. Dia datang untuk menganalisis permainan calon lawan Timnas Indonesia di partai puncak turnamen.

Baca Juga: Tranding, Ini Ucapan Asnawi ke Pemain Singapura saat Gagal Eksekusi Pinalti

Usai memantau tim Gajah Perang -julukan Timnas Thailand, eks pelatih Timnas Korea Selatan itu cukup percaya diri. Ia pun tak sabar menerapkan hasil analisanya kepada Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan.

"Sekarang, Indonesia fokus pada turnamen. Ayo persiapkan dengan baik!" katanya. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga