Infection Center RSUD Kota Kendari Mulai Difungsikan Hari Ini

Sasmiraza, telisik indonesia
Selasa, 01 Desember 2020
0 dilihat
Infection Center RSUD Kota Kendari Mulai Difungsikan Hari Ini
Penandatanganan prasasti peresmian gedung Infection Center oleh Wali Kota Kendari didampingi Ketua DPRD Kota Kendari. Foto: Sasmiraza/Telisik

" Dengan hadirnya gedung IC ini terutama di masa pandemi, diharapkan dapat semakin meningkatkan mutu pelayanan terkhusus pada saat pandemi sekarang ini. "

KENDARI, TELISIK.ID - Gedung Infection Center (IC) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari diresmikan oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, Selasa (1/12/2020).

Gedung IC ini difungsikan untuk  pusat penanganan penyakit infeksi sebagai upaya percepatan penurunan angka kematian akibat penyakit infeksi seperti tuberkulosis/TB Paru, HIV/AIDS dan terkhusus pelayanan pasien COVID-19 yang sedang mewabah.

Gedung Infection Center ini terdiri dari gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD) 24 jam yang dilengkapi dengan ruang dekontaminasi, ruang perawatan sebanyak 40 kamar yang dilengkapi dengan fasilitas bed, oksigen sentral, kamar mandi, AC, exhaust fan, hepafilter yang akan membunuh virus serta akses WiFi.

Termasuk Laboratorium Biomolekuler yang akan melayani pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR), Radiologi, ruang perawatan insentif (ICU), ruang depo farmasi, ruang tindakan yang dapat digunakan untuk pelayanan tindakan-tindakan medis terkait infeksi, ruang pemulasaran jenazah serta ruang terbuka.

Yang mewakili Direktur RSUD Kota Kendari, Syarif, B. dalam sambutannya menyatakan,  dengan adanya Gedung IC ini, petugas kesehatan yang ada di RSUD Kota Kendari dapat lebih maksimal dalam perawatan dan penanganan pasien COVID-19.

"Yang selama ini ruang perawatan COVID-19 terbagi di beberapa ruangan RSUD, sehingga potensi untuk terjadinya kontaminasi dengan pasien lain itu masih ada walaupun kecil. Dengan dipusatkan di satu tempat, insyaallah potensi kontaminasi dengan pasien lain akan semakin kecil," pungkasnya.

Baca juga: Dirut RSUD Kota Kendari Sudah Seminggu Positif COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg. Rahminingrum P, M.Kes mengungkapkan, pembangunan gedung IC ini menggunakan dana DID melalui mekanisme APBD tidak tetap tahun 2020. Dimana pembangunan gedung ini sudah disesuaikan dengan Permenkes Nomor 24 Tahun 2016 tentang persyaratan teknis bangunan dan prasarana rumah sakit.

"Dengan hadirnya gedung IC ini terutama di masa pandemi, diharapkan dapat semakin meningkatkan mutu pelayanan terkhusus pada saat pandemi sekarang ini," ujar dia.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain K juga memberikan apresiasi terhadap pembangunan gedung IC yang telah dirampungkan tersebut.

Sulkarnain tetap mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Kendari agar tetap meningkatkan kedisiplinan protokol kesehatan.

"Saya berharap kepada masyarakat walaupun gedung IC ini sudah bisa kita manfaatkan mulai hari ini, tapi saya tetap mengimbau kepada kita semua untuk meningkatkan kedisiplinan protokol COVID-nya, sehingga tidak perlu dirawat di ruangan ini walaupun nyaman," katanya.

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Wali Kota Kendari, Siska Karina Imran dan Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan, serta seluruh pimpinan OPD se-Kota Kendari. (A)

Reporter: Sasmiraza

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga