Ingin Rumah Aman dari Gangguan Makhluk Halus? Ini Tips dan Doanya

Haerani Hambali, telisik indonesia
Minggu, 05 September 2021
0 dilihat
Ingin Rumah Aman dari Gangguan Makhluk Halus? Ini Tips dan Doanya
Bentengi rumah dari mahluk gaib dengan doa-doa yang bersumber dari Al-Qur’an. Foto: Repro islampos.com

" Tiga hari sekali buka pintu dan jendela lalu setel surat Al-Baqarah dan surat-surat ruqyah, insya Allah Anda akan merasakan perbedaan secara pribadi atau keluarga di rumah dari godaan setan "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagai tempat bernaung dan berkumpul bersama keluarga, rumah harus menjadi tempat tinggal yang aman dan nyaman, bebas dari gangguan mahluk gaib.

Dikutip dari situs islampos.com, Imam Masjidil Haram, Syeikh Ahmad Sudais memberikan beberapa tips agar rumah yang menjadi tempat kita bernaung sehat dan terhindar dari setan.

Pertama, tiga hari sekali buka pintu dan jendela lalu setel surat Al-Baqarah dan surat-surat ruqyah, insya Allah Anda akan merasakan perbedaan secara pribadi atau keluarga di rumah  dari godaan setan.

Kedua, nyalakan dupa dari jintan hitam (habah sauda’) di dalam rumah dengan tetap membuka pintu dan jendela (untuk mengusir setan dan kuman-kuman) sebagaimana wasiat Nabi Muhammad SAW.

Ketiga, jangan menyalakan dupa dari jintan hitam (habah sauda’) sedangkan kondisi pintu rumah dan jendela dalam keadaan tertutup.

Keempat, jangan menyimpan barang-barang di bawah ranjang/di atas lemari tapi simpanlah di dalam laci yang tertutup.

Kelima, jangan perbanyak cermin dalam rumah tapi jika ada, sebaik-baik tempat menyimpan cermin adalah di pintu masuk.

Keenam, tarik nafas panjang-panjang saat bangun tidur dan ucapkan Basmalah saat bangkit dari tidur.

Ketujuh, miliki jadwal tetap untuk tidur malam.

Kedelapan, senantiasa rutin membaca surat Al-Mulk sebelum tidur dapat menyelamatkan dari siksa kubur.

Sejatinya mahkluk tak kasat mata bukan hanya malaikat, melainkan juga jin dan setan. Jin terbagi menjadi dua jenis, yakni jin Muslim dan jin Kafir. Jin kafirlah yang kerap kali memberikan gangguan-gangguan kepada kita para umat manusia. Lalu apakah ada doa mengusir jin dan setan dari rumah?

Dikutip dari Suara.com jaringan Telisik.id, Allah telah mengajarkan doa-doa yang dapat kita amalkan saat mendapatkan gangguan dari jin dan setan, berikut adalah doa-doa untuk mengusir jin dan setan yang dapat Anda amalkan.

1. Ayat Kursi

Doa mengusir jin dan setan dari rumah yang pertama dapat Anda baca adalah ayat kursi. Ayat kursi adalah sebuah ayat yang terkandung dalam surat Al-Baqarah ayat 255.

“Allohu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la Huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzii yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi Hii illaa bi maa syaa’, wa si’a kursiyyuus samaawaati walardh, wa laa yauudlu Huu hifdzuhumaa, wa Huwal ‘aliyyul ‘adziiim"

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Baca Juga: Ini Nasihat Rasulullah SAW Menghadapi Tetangga yang Usil dan Adab Bertetangga Menurut Islam

Baca Juga: 5 Sebab Uang Cepat Habis dan Solusi Anti Kefakiran dalam Islam

2. Surat An-Nas

Qul a'uzu birabbin-naas

Malikin-naas

Ilaahin-naas

Min syarril-waswaasil-khannaas

Allazii yuwaswisu fii suduurin-naas

Minal-jinnati wan-naas

Artinya: Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.

3. Surat Al-Falaq

Qul a'uuzu birabbil-falaq

Min syarri maa khalaq

Wa min syarri gsiqin izaa waqab

Wa min syarrin-naffaasaati fil-'uqad

Wa min syarri aasidin izaa asad

Artinya: Katakanlah, "Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki." (C)

Reporter: Haerani Hambali

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga