Ini 4 Tanda Kamu Butuh Dukungan Emosional dari Orang Lain

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 08 Desember 2022
0 dilihat
Ini 4 Tanda Kamu Butuh Dukungan Emosional dari Orang Lain
Dukungan emosional dapat membantu seseorang untuk bangkit dan terhindar dari masalah psikologis. Foto: Repro freepik

" Dukungan emosional dapat membantu seseorang untuk bangkit dan terhindar dari masalah psikologis "

KENDARI, TELISIK.ID - Manusia adalah mahluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain dalam kehidupan. Bantuan itu bukan hanya bentuk materi, tapi juga dukungan emosional.

Dikutip dari sehatq.com, dukungan emosional dapat membantu seseorang untuk bangkit dan terhindar dari masalah psikologis.

Cara memberikannya cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, yakni bisa dengan tidak bersikap menghakimi, memuji di depan umum, mendengarkan cerita secara mendalam, hingga memberi nasihat hanya saat diminta.

Melansir yoursay.id yang disadur dari akun instagram @mudahbergaul, berikut beberapa kondisi seseorang butuh dukungan emosional:

1. Ketika suka muncul keinginan buat nyakitin diri sendiri

Mungkin sobat pembaca sekalian pernah ngerasa adanya rasa benci sama diri sendiri, tidak bisa maafin diri sendiri, ataupun adanya rasa bersalah yang begitu besar. Yang pada akhirnya muncul niatan untuk nyakitin diri sendiri.

Baca Juga: Pria Ini Jadi Bintang Porno Terkecil di Dunia, Rahasia Besarnya Terbongkar yang Bikin Cewek Antre

Hal itu memang tidak mustahil muncul pada kehidupan seseorang. Kalau sudah terjadi seperti demikian, maka penting bagi kamu untuk tidak mendiamkannya agar produktivitas dalam menggapai tujuan yang kamu inginkan gak terganggu. 

2. Ketika sering nangis tanpa sebab

Nangis itu manusiawi, dan itu respon emosional yang wajar dari manusia. Kalau kondisinya sering nangis tapi kamu sendiri gak tahu penyebabnya, mungkin ada sesuatu yang perlu kamu evaluasi dalam kehidupan kamu.

Kondisi itu bisa saja sangat dibutuhkan kehadiran orang lain yang bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah pada kehidupan kamu. 

3. Terlarut kesedihan dalam jangka waktu yang panjang 

Mungkin saja bisa berawal karena satu atau beberapa masalah yang cukup besar bagi kamu, akhirnya jadi sedih dan terpuruk. Masalah dalam hidup itu hal wajar dan hal mutlak bisa terjadi kepada siapa saja.

Namun meski begitu masalah itu gak baik untuk didiamkan dan perlu segera dicarikan solusinya. Masalah yang terus dipendam bisa saja jadi banyak dan nantinya bisa membuat kamu malah jadi kewalahan untuk mengatasinya. 

Baca Juga: 3 Ciri Kecerdasan Interpersonal Anak, Orang Tua Wajib Tahu

4. Ketika sering merasa kesepian

Teman ada, keluarga ada, tetangga ada, tetapi rasanya kamu gak punya siapa-siapa. Dan juga muncul perasaan gak ada orang yang mau peduli sama kamu. Kondisi itu bisa membuat kamu merasa kesepian yang akan berkepanjangan, hingga akhirnya membuat kamu malah gak punya semangat untuk berjuang. 

Nah, itulah beberapa keadaan yang membuat seseorang butuh dukungan emosional dari orang lain. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga