adplus-dvertising

Ini Delapan Nama Bakal Calon Kapolri Pengganti Idham Azis

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Rabu, 12 Agustus 2020
3051 dilihat
Ini Delapan Nama Bakal Calon Kapolri Pengganti Idham Azis
Kapolri, Jenderal Pol. Idham Azis. Foto: Internet

" Kekuatan ke delapan calon itu berimbang. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kapolri, Jenderal Pol Idham Azis sudah memasuki masa pensiun sebagai anggota Polri dalam waktu dekat.

Kabar pensiun Idham Azis ini menjadi perhatian publik terkait pengganti orang nomor satu di institusi Polri.

Ketua Presedium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane mengatakan, dari hasil penelusurannya ada delapan nama perwira Polri yang berpotensi menduduki jabatan Kapolri menggantikan Idham Azis.


Dikatakannya, lima perwira tinggi (Pati) berpangkat Komisaris Jenderal (Komjen) atau bintang tiga, serta tiga Pati yang memiliki pangkat Inspektur Jenderal (Irjen) atau bintang dua.

Dibeberkan Neta S Pane, lima Pati bintang tiga tersebut adalah Komjen Rycko Amelza Dahniel (Kabaintelkam), Komjen Agus Andrianto (Kabaharkam), Komjen Boy Rafli Amar (Kepala BNPT), Komjen Listyo Sigit Prabowo (Kabareskrim) dan Komjen Gatot Eddy Pramono (Wakapolri).

Baca juga: Sandi Ingatkan Kehadiran Negara Sangat Penting di Tengah Pandemi

Sementara tiga Pati bintang dua ialah Irjen Nana Sudjana (Kapolda Metro Jaya), Irjen Ahmad Luthfi (Kapolda Jateng), Irjen Fadhil Imran (Kapolda Jatim). Dijelaskan Neta S Pane, ke delapan nama-nama pengganti Idham Azis ini memiliki kekuatan yang berimbang.

"Kekuatan ke delapan calon itu berimbang," kata Neta S Pane, Rabu (12/8/2020).

Menurut Neta S Pane, nama-nama calon Kapolri ini hasil dari penelusuran IPW di internal Polri. Pasalnya, nama-nama tersebut santer diperbincangkan dan diklaim sebagai figur yang pantas menjadi calon Tri Brata 1.

Meski begitu, ke delapan bakal calon Kapolri ini memiliki sisi positif dan negatif selama karir mereka sebagai Polri.

"Dan itu sangat manusiawi," ujar Neta.

Dia menegaskan, untuk peluangnya tentu ada pada hak prerogatif presiden. Menurutnya pula, soal peluang siapa yang akan menjadi Kapolri dari ke delapan figur itu baru bisa terbaca sebulan menjelang pergantian.

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga