Ini Deretan Baju Adat Dipakai Jokowi Saat Upacara HUT Kemerdekaan RI

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 15 Agustus 2022
0 dilihat
Ini Deretan Baju Adat Dipakai Jokowi Saat Upacara HUT Kemerdekaan RI
Presiden Jokowi saat hadir dalam peringatan HUT Kemerdekaan ke-75 RI pada 17 Agustus 2020. Foto: Dok. Instana Presiden

" Pemakaian baju adat dilakukan untuk mengenalkan bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya dari beragam suku bangsa "

JAKARTA, TELISIK.ID - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan  Republik Indonesia sebentar lagi. Setiap upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI, Presiden Joko Widodo selalu memakai baju adat.

Adapun Jokowi mulai memakai pakaian adat sejak HUT Kemerdekaan ke-72 RI pada 17 Agustus 2017 lalu. Saat itu, Jokowi mengatakan bahwa pemakaian baju adat dilakukan untuk mengenalkan bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya dari beragam suku bangsa.

Untuk HUT Kemerdekaan ke-77 RI tahun ini, rencananya Presiden Jokowi bakal memilih dua baju adat dari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Baju adat pertama bernama Babung Ginasamani Ulusalu asal Tolaki dan baju adat Kesultanan Buton.

Hal tersebut disampaikan Kadis Kominfo Sultra, Ridwan Badallah. Menurutnya, dua baju adat yang dibawa ke Istana mewakili daerah daratan dan kepulauan Sultra.

"Kemungkinan menggunakan baju warna merah baju asal Buton. Kemarin sudah diserahkan juga oleh Sekda Provinsi dan Kota Kendari, yang pasti itu keterwakilan 17 kabupaten/kota," katanya.

Ridwan menambahkan, tenunan Sultra dipilih Presiden Jokowi sebagai bukti kekayaan sumber daya alam dan budaya.

Baca Juga: KSK Berharap Presiden Kenakan Pakaian Adat Konawe di Upacara HUT RI

Melansir liputan6.com, berikut deretan pakaian adat yang pernah dipakai Jokowi saat HUT Kemerdekaan RI:

1. HUT Kemerdekaan ke-72 RI

Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Tanah Bumbu saat menghadiri upacara Hari Pancasila. Foto: Repro instagram/jokowi

 

Pada HUT ke-72 RI, Jokowi yang bertindak sebagai inspektur upacara mengenakan pakaian adat Tanah Bumbu, Batulicin, Kalimantan Selatan. Sedangkan Iriana mengenakan baju adat Minangkabau.

Adapun Jusuf Kalla yang saat itu menjabat Wakil Presiden mengenakan baju adat Bugis. Tak hanya Jokowi, para menteri, pejabat negara, dan beberapa anggota pasukan pengamanan presiden (Paspampres) juga mengenakan pakaian tradisional.

2. HUT Kemerdekaan ke-73 RI

Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Aceh pada Upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018 di Istana Presiden. Foto: Repro Instagram/Jokowi

 

Jokowi memakai pakaian adat Aceh dalam upacara pengibaran bendera Merah Putih untuk HUT Kemerdekaan ke-73 RI pada 17 Agustus 2018. Sementara, Iriana menggunakan pakaian adat Minangkabau.

Tampak Jokowi mengenakan baju Meukeusah lengkap dengan penutup kepalanya. Dia mengaku memilih busana adat Aceh untuk Upacara HUT ke-73 RI.

3. HUT Kemerdekaan ke-74 RI

Presiden Jokowi mengenakan baju adat Klungkung dari Bali, 17 Agustus 2019. Foto: Repro Liputan6.com

 

Presiden Jokowi mengenakan baju adat Klungkung dari Bali saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu 17 Agustus 2019. Dia menggunakan baju adat Klungkung lengkap dengan kain batik sebagi bawahan dan penutup kepala.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan memiliki banyak pakaian adat. Jokowi berkomitmen akan mengenakan baju adat dari daerah lain saat acara kenegaraan.

4. HUT Kemerdekaan ke-75 RI

Presiden Jokowi menggunakan baju adat Timor Tengah Selatan dari Nusa Tenggara Timur (NTT), 17 Agustus 2020. Foto: Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

 

Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat upacara peringatan Detik-detik Proklamasi di halaman Istana Merdeka Jakarta, Senin (17/8/2020). Kali ini, Presiden Jokowi menggunakan baju adat Timor Tengah Selatan dari Nusa Tenggara Timur ( NTT). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden).

Saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di halaman Istana Merdeka Jakarta, 17 Agustus 2020, Jokowi menggunakan baju adat Timor Tengah Selatan dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, kain baju adat yang dikenakan Jokowi memiliki motif Kaif berantai nunkolo. Motif tersebut sudah dimodifikasi dari bentuk belah ketupat (motif geometris) dengan batang tengah yang berarti sumber air.

Jokowi juga mengenakan dester (ikat kepala) berbentuk dua tanduk kecil yang artinya fungsi raja yang melindungi. Ikat di kepala sebagai penutup kepala sebagai pelindung yang menjadi tanda kebesaran raja sebagai mahkota.

Baca Juga: TV Analog Segera Dihilangkan, Begini Cara Setting TV Digital

Tas sirih pinang dan kapur melambangkan budaya makan sirih pinang dari masyarakat nunkolo. Tas sirih pinang juga menandakan budaya pemersatu atau persatuan dan juga melambangkan tanda kasih dan hormat.

5. HUT Kemerdekaan ke-76 RI

Pada Upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Selasa (17/8/2021), Presiden Jokowi memilih memakai baju adat dari Provinsi Lampung. Foto: Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

 

Pada Upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Selasa (17/8/2021), Jokowi memilih memakai baju adat dari Provinsi Lampung.

Pakaian adat yang dikenakan Jokowi terdiri atas baju lengan panjang berwarna putih yang dipadukan dengan celana panjang berwarna putih juga.

Bagian luarnya dibalut dengan sarung tumpal yaitu kain sarung khas Lampung yang dipakai Jokowi menutup celana dari pinggang hingga lutut.

Penampilan Jokowi dilengkapi dengan kain selendang, ikat pinggang, dan tutup kepala yang semuanya berwarna senada, merah.

Sementara itu, Ibu Negara Iriana tampak anggun mengenakan busana nasional berwarna gading dilengkapi kain songket. Penampilan sederhana Iriana dilengkapi dengan jilbab berwarna senada. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga