Ini Kisah UAS Taaruf dengan Fatimah Az Zahra, Santri Gontor Ngawi

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 25 April 2021
0 dilihat
Ini Kisah UAS Taaruf dengan Fatimah Az Zahra, Santri Gontor Ngawi
UAS dikabarkan akan segera menikahi Fatimah Azzahrah Salim Barabud (19) seorang gadis belia asal Kabupaten Jombang Jawa Timur. Foto: Repro Sindonews.com

" Konfirmasi dari KUA Peterongan insya Allah (akad nikah) di Hotel Yusro. "

JOMBANG, TELISIK.ID - Ustaz Abdul Somad dikabarkan akan menikah dalam waktu dekat. Calon istrinya diketahui merupakan gadis berusia 19 tahun.

Kabar rencana pernikahan Ustaz Abdul Somad ini dibenarkan Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Jombang, Ilham Rohim. Ilham Rohim mengatakan, dai kondang ini mendaftarkan diri untuk menikah sejak awal April 2021.

"Iya, beliau (Ustaz Abdul Somad) sudah daftar di KUA Peterongan sebelum puasa kemarin," kata Ilham Rohim, dilansir dari detik.com, Minggu (25/4/2021).

Sementara saat disinggung terkait akad nikah, Ilham Rohim mengatakan rencananya berlangsung di sebuah hotel pada 20 Mei mendatang.

Baca juga: Ustaz Abdul Somad Bakal Nikah Lagi Usai Lebaran, Calon Istri Masih 19 Tahun

"Konfirmasi dari KUA Peterongan insya Allah (akad nikah) di Hotel Yusro," imbuh Ilham.

Sebelumnya, foto selembar kertas formulir persetujuan calon pengantin antara Abdul Somad Batubara (Ustaz Abdul Somad) dengan Fatimah Az Zahra Salim Barabud sempat beredar di Facebook. Namun, pengunggah sudah menghapus foto formulir itu.

Gadis yang akan menjadi istri Ustaz Abdul Somad adalah Fatimah Az Zahra, warga Kecamatan Peterongan, Jombang. Usia santriwati Pondok Modern Darussalam Gontor Putri di Mantingan, Ngawi itu baru genap 20 tahun pada 1 Oktober nanti.

Usia Fatimah terpaut 24 tahun dengan Ustaz Abdul Somad yang lahir di Kabupaten Asahan, Sumut 18 Mei 1977. Ulama melayu yang menyandang gelar adat Datuk Seri Ulama Setia Negara itu menjadi duda anak satu sejak bercerai dengan Mellya Juniarti pada 3 Desember 2019.

Baca juga: KPK Dalami Peran Wakil Ketua DPR dalam Kasus Suap Tanjungbalai

Bibi Fatimah, Lathifah Sholeh Barabud (46) juga membenarkan rencana pernikahan keponakannya dengan ulama kondang Ustaz Abdul Somad. Hanya saja, dia belum berani menyampaikan waktu dan tempat akad nikah Somad dengan Fatimah.

Ia menuturkan, Ustaz Abdul Somad datang langsung ke Jombang untuk melamar Fatimah sebelum Ramadan, sekitar Maret 2021. Ulama asal Kecamatan Kampa, Kampar, Riau itu hanya datang bersama timnya untuk menemui orang tua Fatimah.

"Beliau datang untuk taaruf sekitar Maret kemarin sebelum Ramadan. Datang bersama timnya," jelas Lathifah.

Tak seperti pasangan pada umumnya, lanjut Lathifah, pernikahan Ustaz Abdul Somad dengan Fatimah karena dijodohkan. "Dijodohkan kiainya," pungkasnya. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga