Ini Manfaat Minyak Serai Selain Atasi Plak Gigi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 25 Juni 2023
0 dilihat
Ini Manfaat Minyak Serai Selain Atasi Plak Gigi
Minyak serai atau minyak esensial yang disarikan dari tanaman serai dapat membantu mencegah pembentukan plak gigi dan bau mulut. Foto: Dream.co.id

" Apakah Anda terbangun dengan bau mulut bahkan setelah menyikat gigi di malam hari? Sudah gunakan obat kumur untuk atasi masalah ini namun tak kunjung cegah bau mulut Anda "

KENDARI, TELISIK.ID - Apakah Anda terbangun dengan bau mulut bahkan setelah menyikat gigi di malam hari? Sudah gunakan obat kumur untuk atasi masalah ini namun tak kunjung cegah bau mulut Anda. 

Anda bisa menggunakan bahan berikut. Ini tidak hanya mencegah bau mulut tetapi juga membantu menjaga kesehatan mutiara Anda secara keseluruhan. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa obat kumur bekerja lebih baik dari pada pasta gigi dalam membersihkan plak. 

Mengutip Kompas.com, minyak serai atau minyak esensial yang disarikan dari tanaman serai telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisonal. Salah satu kegunaan yang cukup umum adalah dapat membantu mencegah pembentukan plak gigi dan bau mulut.

Baca Juga: Benarkah Madu Lebih Sehat Ketimbang Gula?

Ada sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa minyak serai bisa digunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, terutama mencegah serta mengatasi plak gigi. Plak pada dasarnya adalah biofilm yang terbentuk di permukaan gigi akibat penumpukan bakteri, sisa makanan, dan zat-zat lain.

Plak yang tidak dihilangkan secara teratur dapat mengeras menjadi karang gigi (calculus) yang lebih sulit dihilangkan dan mengubah warna alami gigi menjadi lebih kuning.

Dilansir dari The healthsite.com, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Global Journal of Medical Research, minyak sereh paling efektif dalam menghilangkan plak dibandingkan dengan pasta gigi bubur dan obat kumur chlorhexdine. Aroma serai yang segar dan jeruk juga akan membantu menjaga bau mulut.

Baca Juga: Ibu Hamil Perlu Perhatikan Ini Jika Ingin Menyusui Tapi Minum Obat

Encerkan 2-3 tetes minyak serai ke dalam secangkir air dan gunakan sebagai obat kumur dua kali sehari. Anda bisa mengisi larutan ini dan menyimpannya dalam botol selama seminggu.

Kumur-kumur dengan larutan ini setidaknya 2 kali dalam sehari untuk hasil yang lebih optimal dalam mencegah, menghilangkan dan mengusir bau mulut. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga