Ini Penyebab E-Government di Kota Baubau Belum Maksimal

Elfinasari, telisik indonesia
Senin, 04 Desember 2023
0 dilihat
Ini Penyebab E-Government di Kota Baubau Belum Maksimal
Seminar akhir masterplan manajemen risiko SPBE di Hotel Mira Kota Baubau. Foto: Elfinasari/Telisik

" Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau E-Government di Kota Baubau telah membawa kemajuan signifikan dalam pelayanan publik, namun dokumen dan regulasi masih balum tersedia "

BAUBAU, TELISIK.ID - Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau E-Government di Kota Baubau telah membawa kemajuan signifikan dalam pelayanan publik, namun dokumen dan regulasi masih balum tersedia.

Berbagai aplikasi telah ada seperti di Badan Perizinan, Pengadaan, Capil, Bappeda, dan lainnya elah memenuhi standar yang ditetapkan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, Andi Hamzah Machmud menuturkan, masih terdapat kekurangan terkait regulasi.

Baca Juga: Amira Yusmalia Julan, Gadis Cantik Asal Kota Baubau Raih Juara II Bintang Radio Nasional 2023

"Meskipun kita telah meraih kemajuan namun masih ada kekurangan, seperti aplikasi yang belum didukung oleh regulasi. Hal ini menyulitkan proses audit dan penilaian," ujarnya, Senin (4/12/2023).

Sekitar 20 aplikasi di Kota Baubau telah memenuhi standar, namun penilaian SPBE masih rendah karena keterbatasan dalam regulasi dan dokumen.

"Dalam fakta, penilaian TPD Baubau masuk 3 besar tingkat provinsi, menunjukkan transparansi kepada masyarakat. Namun harus diakui, nilai SPBE tidak mencerminkan sepenuhnya prestasi ini karena hambatan terletak pada regulasi belum dibuatkan dan dokumen belum tersedia," ungkapnya.

Baca Juga: Dispar Sulawesi Tenggara Bangun Sinergitas Bersama Dispar Baubau Perkuat Ekonomi Kreatif Sektor Kriya

Ia berharap dengan adanya peningkatan signifikan pada tahun depan dengan menyelesaikan kelemahan ini.

Dilansir dari Kompas.com kendala yang dihadapi dalam penerapan SPBE/ E-Government adalah terbatasnya peraturan sebagai payung hukum. Belum ada regulasi yang sungguh-sungguh menjelaskan secara mendetail mengenai mekanisme penerapan E-Government.

Belum terintegrasinya data antarinstansi pemerintahan juga menjadi kendala dalam penerapan E-Government. penerapan E-Government pada institusi pemerintahan juga tidak maksimal karena terbatasnya tenaga ahli yang kompeten di bidang teknik informatika. (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga