Ini Persiapan Calon Paskibraka HUT RI di Sultra

Siswanto Azis, telisik indonesia
Kamis, 05 Agustus 2021
0 dilihat
Ini Persiapan Calon Paskibraka HUT RI di Sultra
Plt Kadis Pemuda dan Olahraga Sultra, Trio Prasetyo. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sultra, Trio Prasetyo mengatakan, seluruh calon Paskibraka dari 17 kabupaten/kota di Sultra telah menjalani latihan selama 4 hari. "

KENDARI, TELISIK.ID - Seluruh calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari 17 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini telah menjalani pelatihan.

Latihan ini dilakukan sebelum mereka dilantik sebagai Paskibraka, dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76.

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sultra, Trio Prasetyo mengatakan, seluruh calon Paskibraka dari 17 kabupaten/kota di Sultra telah menjalani latihan selama 4 hari.

Dimana, mereka menjalani latihan di pelataran rumah jabatan (Rujab) gubernur Sultra.

“50 anggota Paskibraka yang berasal dari berbagai utusan 17 kabupaten dan kota di Sultra. Mereka ini akan menjalani proses latihan sejak 1 Agustus sampai dengan 16 Agustus 2021 mendatang,” katanya, Kamis (5/8/2021).

Menurut Trio Prasetyo, para Paskibraka tersebut merupakan hasil  seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Sultra, yang dilakukan di salah satu hotel di Kendari, pada 20 - 23 Mei 2021.

Dari total 17 kabupaten/kota se-Sultra, masing-masing kabupaten mengirimkan empat perwakilannya yakni dua putra dan dua putri.

Baca juga: Begini Cara Memanjangkan Umur Pakai TPA Kendari

Baca juga: Wali Kota Kendari Minta Dukcapil Lengkapi Data Kependudukan

“50 orang yang terpilih ini nanti akan bertugas dalam dua kelompok, penaikan bendera 25 orang dan 25 orang yang bertugas pada penurunan bendera,” jelasnya.

Lebih lanjut, Trio Prasetyo meminta para calon Paskibraka tetap serius serta komitmen membangun kebersamaan, serta disiplin mengikuti aturan selama pelatihan.

"Setiap kalian adalah pemimpin. Karena itu ada tanggung jawab yang kalian emban dalam predikat kepemimpinan ini," ujar Trio.

Selama masa latihan pasukan pengibar bendera ini, mereka tidak diperbolehkan untuk dikunjungi sanak keluarga maupun teman. Penggunaan handphone pun dibatasi, hanya dalam waktu-waktu tertentu saja diperbolehkan.

"Jaga terus amanah ini dengan disiplin dan tanggung jawab. Saya yakin rekan-rekan akan berhasil mengemban tugas, dan saya yakin juga kalian akan jadi pemimpin nasional ke depan," katanya.

Trio menambahkan, di masa pandemi COVID-19, seluruh peserta harus tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan, menaati seluruh aturan, mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan panitia, termasuk jadwal latihan dan jadwal istirahat.

“Mereka ini didampingi mulai dari tidurnya, bangunnya, sampai tidur kembali mereka akan dikontrol terus oleh Purna Paskibraka. Kemudian dokternya stand by terus 1x24 jam,” bebernya. (C)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga