Ini Pesan Ketua MPI KNPI Sultra di Hari Sumpah Pemuda

Siswanto Azis, telisik indonesia
Rabu, 28 Oktober 2020
0 dilihat
Ini Pesan Ketua MPI KNPI Sultra di Hari Sumpah Pemuda
Ketua Majelis Pemuda Indonesia KNPI Sulawesi Tenggara, Hidayatullah. Foto: Ist.

" Pemuda Indonesia dapat menggunakan media sosial untuk menggelorakan semangat juang, mewarisi sejarah dengan seluruh nilai-nilai juangnya dengan seluruh nilai-nilai kepeloporan pemuda Indonesia. "

KENDARI, TELISIK.ID - Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah. Pemuda Indonesia khususnya pemuda Sulawesi Tenggara harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pesan itu diungkapkan Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) KNPI Sulawesi Tenggara, Hidayatullah, memperingati Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2020, hari ini.

Menurut Hidayatullah, sejarah merupakan pembentuk karakter bangsa kita, termasuk sejarah mempertemukan antara masa lalu, saat ini dan cita-cita masa depan. Sejarah tidak akan mengaburkan jati diri dan identitas bangsa kita.

"Pemuda Indonesia dapat menggunakan media sosial untuk menggelorakan semangat juang, mewarisi sejarah dengan seluruh nilai-nilai juangnya dengan seluruh nilai-nilai kepeloporan pemuda Indonesia," ujar mantan Ketua KNPI Sulawesi Tenggara periode 2012-2016.

Ia juga berpesan, dalam menggunakan media sosial, para pemuda Indonesia harus tetap memiliki hakikat ke-Indonesia-an, hakikat cinta Tanah Air, tidak gamang melihat masa depan, tidak lekas menyerah, hakikat pemuda yang berkebudayaan Indonesia.

Tanpa rasa cinta Tanah Air, tanpa semangat juang, tanpa identitas kebudayaan, maka tidak pantas menyebut dirinya sebagai pemuda Indonesia.

Baca juga: Jadwal KM Nggapulu Oktober-November 2020

"Terlebih bagi generasi milenial. Dengan kata milenial, pemuda harus menjadi garda terdepan di dalam seluruh aspek kehidupan," tambahnya.

Dan yang terakhir, Hidayatullah juga berharap di Hari Sumpah Pemuda kali ini pemuda Sulawesi Tenggara dan Indonesia makin berkualitas serta memberikan warna serta kontribusi bagi pembangunan Indonesia.

“Bung Karno berpesan, 'berikan aku 10 pemuda  maka akan aku guncang dunia'. Oleh sebab itu, saya berharap pemimpin Indonesia dan Sulawesi Tenggara ke depan dari kalangan pemuda, agar lebih energik dalam mengisi pembangunan yang tengah dan akan berlangsung," tutupnya.

Sementara itu, Bendahara KNPI Sulawesi Tenggara, Jain Umar menyampaikan harapannya kepada seluruh pemuda dan pemudi Sulawesi Tenggara agar bisa menghayati dan menerapkan isi Sumpah Pemuda. 

"Kita sebagai pemuda dan pemudi harus bisa meneruskan komitmen para perumus Sumpah Pemuda yang berlangsung pada tahun 1928, dimana di dalamnya ada sebuah kesepakatan bahwa kita bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu," katanya. (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga