Ini Profil dan Kekayaan Kapolri Listyo Sigit Prabowo

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 27 Januari 2021
0 dilihat
Ini Profil dan Kekayaan Kapolri Listyo Sigit Prabowo
Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto: Repro SURYA.co.id

" Pada 2012, saat Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Listyo Sigit dirotasi ke Jakarta. Ia duduk di pos Asubdit II Direktorat Tipdum Bareskrim Polri. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Listyo Sigit Prabowo telah resmi menjadi Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Idham Azis. Pangkat Listyo Sigit juga naik setingkat, dari Komisaris Jenderal menjadi Jenderal.

Listyo Sigit dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/1/2021).

Pengangkatan Listyo Sigit sebagai Kapolri dituangkan dalam Keputusan Presiden (Kepres) Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Profil Karir Listyo Sigit Prabowo

Melansir TEMPO.CO, sebelum resmi jadi Kapolri, Listyo Sigit menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri. Jabatan itu ia emban sejak Desember 2019, menggantikan Jenderal Idham Azis yang diangkat menjadi Kapolri setelah Jenderal (Purn) Tito Karnavian mengemban tugas sebagai Menteri Dalam Negeri.

Perwira tinggi kelahiran 5 Mei 1969 ini merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1991. Listyo Sigit pernah menjabat sebagai Kapolres Pati, Jawa Tengah.

Setelah itu Listyo Sigit menduduki posisi Wakil Kepala Polrestabes Kota Semarang. Kemudian menjadi Kapolres Solo.

Pada 2012, saat Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Listyo Sigit dirotasi ke Jakarta. Ia duduk di pos Asubdit II Direktorat Tipdum Bareskrim Polri.

Baca juga: Listyo Sigit Prabowo Resmi Jadi Kapolri Hari Ini

Pada Mei 2013, Listyo bertugas sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Sulawesi Tenggara. Pada 2014. Listyo ditunjuk sebagai Ajudan Presiden Jokowi. Sekitar dua tahun kemudian atau pada Oktober 2016, dia menjabat Kapolda Banten dengan pangkat Brigadir Jenderal.

Pada Agustus 2018, dia menyandang pangkat inspektur jenderal yang disematkan oleh mantan Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri. Tak lama, Listyo dipromosikan menjadi Kadiv Propam Polri pada Agustus 2018.

Total Harta Kekayaan Listyo Sigit Prabowo

Adapun total harta kekayaan yang dimiliki Listyo, berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara per tahun 2019 sebanyak Rp 8,314 miliar.

Listyo memiliki aset tanah dan bangunan di Semarang senilai Rp 1,65 miliar, tanah dan bangunan di Kota Tangerang senilai Rp 1 miliar, serta tanah dan bangunan di Jakarta Timur senilai Rp 3,5 miliar. Total nilai aset tanah dan bangunan adalah Rp 6,15 miliar.

Listyo Sigit juga mempunyai satu unit mobil Toyota Fortuner tahun 2018 dengan nilai Rp 320 juta, harta bergerak lainnya senilai Rp 975 juta, kas dan setara kas senilai Rp 869,73 juta. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga