Ini Profil Singkat Menkominfo Asal Nusa Tenggara Timur Diperiksa Kejagung Terkait Dugaan Korupsi

Berto Davids, telisik indonesia
Minggu, 19 Februari 2023
0 dilihat
Ini Profil Singkat Menkominfo Asal Nusa Tenggara Timur Diperiksa Kejagung Terkait Dugaan Korupsi
Menkominfo RI, Johnny Plate saat berkunjung ke Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur dalam rangka meresmikan BTS 4G beberapa tahun lalu. Foto: Berto Davids/Telisik

" Menkominfo RI, Johnny Plate sedang menghadapi pemeriksaan Kejaksaan Agung terkait kasus dugaan korupsi penyediaan BTS 4G dan infrastruktur pendukung 2,3,4 dan 5 BAKTI Kominfo "

JAKARTA, TELISIK.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Johnny Plate sedang menghadapi pemeriksaan Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait kasus dugaan korupsi penyediaan BTS 4G dan infrastruktur pendukung 2,3,4 dan 5 BAKTI Kominfo.

Ia diperiksa pada Kamis 9 Februari 2023 lalu oleh Jampidsus sebagai saksi dan perannya selaku Menkominfo dalam pembangunan BTS 4G yang diduga merugikan negara sebesar Rp 1 triliun itu.

Selain itu, pengadaan tower BTS tersebut merupakan salah satu program yang dia canangkan sehingga kapasitasnya selaku Menkominfo pasti mengetahui sejauh mana pengawasan, pengendalian kegiatan BLU (Badan Layanan Umum) yang berada di bawah tanggung jawabnya.

Jampidsus Kejagung, Kuntadi kepada wartawan menjelaskan, Johnny Plate diperiksa dalam kapasitasnya selaku pihak yang mengetahui dan pengawasan proyek.

"Kita memeriksa dan mendalami fungsi serta tugas beliau selaku pengguna anggaran," ucap Kuntadi dalam keterangan yang diperoleh Telisik.id, Minggu (19/2/2023).

Menurut Kuntadi, selama pemeriksaan pekan lalu Menkominfo ditanya perihal evaluasi dan pertanggungjawaban atas perencanaan penyediaan infrastruktur tower BTS serta infrastruktur pendukung BAKTI Kominfo.

Baca Juga: Sempat Mangkir, Menkominfo Asal Nusa Tengara Timur Akhirnya Diperiksa Kejagung Soal Dugaan Korupsi

Sementara itu Menteri Johnny mengatakan bahwa pribadinya sangat menghormati proses hukum yang sedang berjalan di Kejaksaan Agung terkait dengan dugaan korupsi proyek BTS.

Diakuinya, ia telah memberikan keterangan atas pertanyaan yang disampaikan oleh penyidik.

“Pertanyaan tersebut saya jawab dengan penuh tanggung jawab,” kata putera sulung Paulus Plate itu.

Ia mengaku menjawab pertanyaan itu dalam kapasitasnya sebagai Menteri Kominfo.

Ia pun bersedia dipanggil kembali oleh Kejaksaan Agung di kasus korupsi BTS 4G apabila penyidik membutuhkan keterangan tambahan darinya terkait kasus tersebut.

“Apabila Kejaksaan Agung masih membutuhkan keterangan saya sebagai warga negara dan pimpinan kementerian, serta pembantu presiden di bidang informatika, saya akan menghormati dan melaksanakan dengan baik,” kata Johnny.

Berikut profil singkat Menteri Johnny Plate.

Johnny Gerard Plate, S.E. yang lahir di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur pada 10 September 1956 merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju saat ini.

Ia merupakan lulusan Universitas Katolik Atma Jaya dan memulai bisnis alat-alat perkebunan pada awal 1980-an.

Baca Juga: Meski Hanya Staf, Adik Kandung Menkominfo Diduga Seenaknya Pakai Fasilitas Bakti ke Luar Negeri

Sejak 2013, ia bergabung ke Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI), dimana ia kemudian diangkat menjadi Ketua Mahkamah PKDI.

Pada masa berikutnya, dia pindah ke Partai NasDem dimana ia kemudian diangkat menjadi Sekretaris Jenderal Partai NasDem.

Pada tanggal 23 Oktober 2019, ia dilantik menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika untuk Kabinet Indonesia Maju.

Sebelum menjadi Menkominfo ia pernah menjabat sebagai anggota DPR RI pada tahun 2014 sampai 2019. Setelah terpilih lagi pada tahun 2019 ia kemudian dipanggil Presiden Jokowi untuk menjabat Menkominfo RI. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga