Ini Sarapan Harus Anda Siapkan Agar Awet Muda

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 17 Juli 2023
0 dilihat
Ini Sarapan Harus Anda Siapkan Agar Awet Muda
Dengan memilih makanan yang tepat, Anda bisa melawan tanda-tanda penuaan dini sehingga terlihat awet muda. Foto: Repro Detik.com

" Pilihan makanan yang mengandung vitamin, mineral dan nutrisi lainnya ternyata bisa mengurangi kerutan, melembapkan rambut, dan memperbaiki sel dalam tubuh "

KENDARI, TELISIK.ID - Pola makan yang sehat adalah salah satu kunci menjaga tubuh yang sehat. Dengan memilih makanan yang tepat, Anda bisa melawan tanda-tanda penuaan dini sehingga terlihat awet muda.

Ada sejumlah makanan yang mampu melawan tanda-tanda penuaan. Pilihan makanan yang mengandung vitamin, mineral dan nutrisi lainnya ternyata bisa mengurangi kerutan, melembapkan rambut, dan memperbaiki sel dalam tubuh. 

Menurut American Academy of Dermatology dengan mengonsumsi makanan seimbang dengan banyak buah dan sayuran segar bisa membantu menangkal penuaan dini.

Berikut ini, sarapan yang harus Anda siapkan seperti dilansir dari Detik.com dan halodoc.com:

1. Kiwi 

Meski ukurannya kecil, buah yang satu ini mengandung vitamin C dan dapat membuat kulit kamu terlihat muda. Dalam studi yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition, mereka yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang tinggi dapat menekan risiko memiliki kerutan.

Kiwi dinilai akan terhindar dari kondisi kulit kering jika dibandingkan dengan orang yang sedikit mengonsumsi vitamin C. Selain kaya akan antioksidan, vitamin C juga bisa membantu melawan radikal bebas akibat dampak negatif lingkungan seperti polusi dan sinar UV. Selain itu, vitamin C juga membantu untuk menstimulasi produksi kolagen yang semakin melambat seiring usia.

2. Smoothie buah

Ahli diet dan nutrisi Shena Jaramillo, MS, RD, mengatakan smoothie buah mengandung banyak antioksidan yang bisa menangkal kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Baca Juga: 9 Rahasia Awet Muda yang Bisa Kamu Terapkan

"Smoothies juga merupakan cara terbaik untuk tetap terhidrasi yang akan memiliki manfaat untuk meningkatkan kulit," kata Jaramillo.

"Tambahkan biji rami, alpukat, atau selai kacang ke dalam smoothie untuk tambahan asam lemak omega dan vitamin E untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi peradangan," sambungnya.

3. Alpukat

Jaramillo menyarankan alpukat sebagai salah satu menu sarapan. Ia mengatakan buah berwarna hijau ini adalah sumber asam lemak tak jenuh tunggal yang fenomenal, yang menurut penelitian dapat membantu melindungi kulit dari penuaan dini.

"Asam lemak omega 3 yang ada di dalam alpukat juga dapat membantu memperbaiki kekeringan kulit. Menjaga kulit tetap terhidrasi adalah kunci agar tetap sehat seiring bertambahnya usia," tutur Christensen.

4. Telur

Para ahli setuju bahwa telur adalah pilihan sarapan yang sangat baik untuk menutrisi kulit. Christensen mengatakan telur mengandung protein dan vitamin D.

Baca Juga: Tips Bikin Muka Awet Muda Murah Meriah, Cuma Pakai Bahan Ini

"Vitamin D dapat melindungi kulit dari kerusakan UVB. Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh kita untuk memproduksi vitamin D menurun, jadi mengkonsumsinya melalui makanan itu penting," katanya.

5. Kale

Sayur berwarna hijau ini kaya akan antioksidan dan nutrisi yang bisa membuat kamu awet muda dengan kandungan vitamin A yang dimilikinya. Vitamin A akan membantu memproduksi minyak yang membuat rambut tetap lembap dan kemilau.

Tentu saja, vitamin A juga bermanfaat untuk kulit, sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan mata. Selain itu, kale juga kaya vitamin C untuk produksi kolagen dan potassium untuk massa otot.

Kamu bisa mulai sarapan pagi dengan kale dengan membuat scrambled egg yang diberi potongan kale dan beri taburan keju mozzarella untuk menambah selera sarapan kamu. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga