Ini Senjata Maut Rusia yang Bikin Rontok Tank Abrams Amerika Seharga Ratusan Miliar

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 03 Maret 2024
0 dilihat
Ini Senjata Maut Rusia yang Bikin Rontok Tank Abrams Amerika Seharga Ratusan Miliar
Tank canggih AS senilai USD24 juta atau Rp 377 miliar, ditaklukkan oleh drone murah asal Rusia seharga USD500 atau Rp 8 jutaan. Foto: Repro Viva.co.id

" Tank Abrams buatan Amerika Serikat (AS) yang pertama kali diturunkan Ukraina ke medan perang, berhasil dihancurkan oleh drone Piranha milik Rusia "

MOSKOW, TELISIK.ID - Teka-teki senjata tentara Rusia yang digunakan saat menghancurkan Tank Tempur Utama (MBT) M1 Abrams militer Ukraina, Selasa 27 Februari 2024, akhirnya terjawab.

Tank Abrams buatan Amerika Serikat (AS) yang pertama kali diturunkan Ukraina ke medan perang, justru berhasil digasak oleh unit militer Rusia di Kota Avdiivka, Republik Rakyat Donetsk (DPR).

Reputasi Drone Piranha Rusia belakangan naik daun setelah berhasil menghancurkan tank M1 Abrams milik Amerika Serikat yang dikirimkan ke Ukraina.

Bagaimana tidak, tank canggih senilai USD24 juta atau Rp 377 miliar itu ditaklukkan oleh drone murah seharga USD500 atau Rp 8 jutaan. Laporan tentang kesuksesan drone Piranha menaklukkan tank M1 Abrams AS datang dari Brigade Pengawal ke-15 Alexandria Rusia di garis depan pertempuran Avdeyevka melawan Ukraina pada 26 Februari 2024 seperti dilansir dari Sindonews.com.

Baca Juga: Deretan Negara Konflik Timur Tengah, Picu Perang Dunia Ketiga

Rusia dilaporkan telah menerjunkan lebih dari 4.000 drone Piranha ke zona operasi militer khusus sejak Maret 2023. Jumlah yang besar ini bisa diwujudkan karena ongkos pembuatan yang murah. Sementara AS dilaporkan mengirim 31 tank M1 Abrams ke Ukraina.

Spesifikasi Drone Piranha

Drone Piranha dikembangkan oleh Bureau Desain Simbirsk di kota Ulyanovsk, Rusia. Piranha atau Piranya adalah drone kamikaze FPV (first-person view). Artinya, perangkat ini dilengkapi kamera yang secara nirkabel mentransmisikan feed video ke google, headset, perangkat seluler, atau perangkat lainnya.

Baca Juga: Bos Intel Israel Bongkar Dosa Netanyahu, Mahkamah Internasional Minta Israel Stop Genosida

Dengan demikian, operator memiliki pandangan orang pertama tentang lingkungan dimana drone terbang dan dapat mengambil video atau gambar diam.

Keunikan Drone Piranha

Drone Piranha Rusia berbeda dari analog FPV-nya dengan frekuensi unik dimana ia beroperasi. Menurut juru bicara Bureau Desain Simbirsk, Piranha terbukti sebagai satu-satunya UAV yang tidak dapat dipadamkan selama uji perang elektronik.

Sebelumnya, dalam rekaman berdurasi 16 detik terlihat drone pengintai militer Rusia memantau pergerakan tank Abrams sebelum menghancurkannya. Sebab seorang sumber dari Biro Desain Piranha Ulyanovsk yang identitasnya dirahasiakan, menyebut jika tank tersebut hancur akibat serangan drone yang diproduksi perusahaannya.

AS diketahui telah mengirim hampir tiga lusin unit tank Abrams ke Kiev, pada September 2023 lalu. Dilansir dari Viva.co.id, seorang pejabat militer Amerika Serikat menyebut pihaknya telah mendaratkan 31 unit tank tersebut. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga