Ini SMA Terbaik Sulawesi Tenggara Berdasarkan Daftar 1.000 Sekolah Unggulan di Indonesia Versi LTMPT

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 23 Mei 2023
0 dilihat
Ini SMA Terbaik Sulawesi Tenggara Berdasarkan Daftar 1.000 Sekolah Unggulan di Indonesia Versi LTMPT
LTMPT meluncurkan daftar Top 1.000 sekolah berdasarkan nilai UTBK. Foto: SMAN1.mtr

" Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) meluncurkan daftar Top 1.000 sekolah berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) "

KENDARI, TELISIK.ID - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) meluncurkan daftar Top 1.000 sekolah berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Daftar LTMPT top 1.000 SMA itu melibatkan 23.657 sekolah dengan 745.115 peserta pada UTBK 2022. Daftar itu juga berguna untuk memetakan sekolah mana saja yang rata-rata siswanya memiliki prestasi cukup tinggi untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia.

Selain itu, daftar ini bermanfaat untuk siswa-siswi SMP yang berencana untuk mendaftar ke jenjang SMA/Sederajat, karena sekolah yang baik tentu akan mengantarkan siswanya untuk memiliki kesempatan yang lebih besar untuk diterima di PTN.

Baca Juga: Bawaslu Sulawesi Tenggara Diskusi Peningkatan Kompetensi Alumni SKPP untuk Tiga Daerah

Diketahui berdasarkan data BPS, Sulawesi Tenggara memiliki jumlah 305 SMA yang tersebar di 17 kabupaten/kota. Namun dari banyaknya sekolah Man Insan Cendekia Kota Kendari jadi satu-satunya sekolah setingkat SMA yang masuk dalam daftar 1.000 sekolah terbaik di LTMPT dilihat Telisik.id di website resmi Ltmpt.ac.id, Selasa (23/5/2023).

Data itu menunjukkan, MAN Insan Cendekia Kota Kendari menjadi satu-satunya SMA sederajat di Kota Kendari yang memiliki nilai SBMPTN 2022 cukup baik, dan mampu bersaing dengan 999 sekolah terbaik lainnya di seluruh Indonesia

Sekolah itu menduduki peringkat 190 nasional dengan rata-rata nilai UTBK SBMPTN 2022 sebesar 561,315. Nilai UTBK MAN IC tersebut naik dari tahun 2021 yakni 234. Dengan nilai tersebut, rangking MAN IC Kendari naik dari tahun sebelumnya yang hanya berada di peringkat ke-247.

Peningkatan nilai tersebut juga membuat rangking MAN Insan Cendekia Kendari, Sulawesi Tenggara, naik dari peringkat 563 pada tahun 2020 menjadi posisi 190 tahun 2021.

Baca Juga: Sosok Sri Rahmisari Rembulan, Puteri Indonesia Perwakilan Sulawesi Tenggara

Sementara itu saat dikonfirmasi, Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas MAN Insan Cendekia menerangkan, tim pengajar di Madrasah tersebut memiliki langkah-langkah strategis untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik mulai dari bidang ilmu pengetahuan teknologi maupun keagamaan.

"Sebelum UTBK kami rutin melaksanakan bimbingan untuk menghadapi ujian. Karena 90 persen target kita adalah anak didik bisa diterima di perguruan tinggi favorit yang ada di Indonesia," katanya.

"Selain itu kami juga bekerjasama dengan pihak lain untuk pengembangan kompetensi anak didik," pungkasnya. (B)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga