Ini Syarat dan 5 Maskapai yang Bolehkan Pramugari Berhijab

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 22 September 2021
0 dilihat
Ini Syarat dan 5 Maskapai yang Bolehkan Pramugari Berhijab
Seorang pramugari berhijab. Foto: Repro karirpenerbangan.com

" Sebagian pramugari memang dikenal tanpa mengenakan hijab, hanya menggunakan cepol di rambutnya juga memakai pakaian layaknya sebagai awak kabin "

KENDARI, TELISIK.ID - Mendengar  kata 'pramugari' hal yang pertama kali terlintas ialah penampilan mereka yang selalu terlihat cantik dan modis di pesawat.

Sebagian pramugari memang dikenal tanpa mengenakan hijab, hanya menggunakan cepol di rambutnya juga memakai pakaian layaknya sebagai awak kabin.

Menjadi Pramugari merupakan suatu kebanggaan tersendiri, bagaimana tidak image seorang Pramugari selalu identik dengan penampilan menarik dan memiliki postur tubuh yang paripurna, ditambah dengan balutan seragam yang cantik dan eksklusif menjadi daya tarik tersendiri bagi sejumlah wanita, tak heran jika Hampir tiap wanita menginginkan profesi tersebut.

Namun untuk mewujudkannya bukanlah perkara mudah, karena kalian harus menaklukkan berbagai step by step yang ditentukan setiap maskapai penerbangan.

Namun akhir-akhir ini banyak sekali pertanyaan bagaimana dengan wanita berhijab? Apakah mereka memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pramugari?

Pada dasarnya boleh atau tidak Pramugari mengenakan hijab itu tergantung dari kebijakan pihak maskapai itu sendiri, namun jangan khawatir sekarang ini hampir seluruh maskapai yang ada di Indonesia memperbolehkan para pramugari mengenakan hijab.

Berbeda dengan zaman dahulu  dimana dunia penerbangan sangat membatasi atau tidak memperbolehkan para pramugarinya untuk menggunakan hijab sehingga mengurungkan niat para wanita berhijab untuk menjadi pramugari.

Namun sekarang ini sudah banyak maskapai yang memperbolehkan pramugarinya mengenakan hijab, jadi untuk kalian para hijabers jangan berkecil hati.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa maskapai penerbangan yang telah mengizinkan awak kabinnya berhijab.

Dilansir dari ilmupenerbangan.com, berikut beberapa maskapai di Indonesia yang bolehkan pramugarinya memakai hijab:

1. Garuda Indonesia

Merupakan salah satu maskapai penerbangan  terbaik di indonesia, yang resmi didirikan pada tanggal 28 Januari 1949  dengan nama Garuda Indonesian Airways.

Dan merupakan maskapai pertama dan tertua di indonesia. maskapai garuda indonesia memiliki konsep Full Service Airline yang berarti maskapai dengan pelayanan penuh.

2. Royal Brunei Airline

Jika anda bergabung dengan maskapai Royal Brunei Airline tentu tidak lagi khawatir tentang kebijakan para pramugari yang mengenakan hijab karena maskapai penerbangan yang berasal dari brunei darussalam memperbolehkan para pramugarinya mengenakan hijab.

3. Sriwijaya Air

Sriwijaya Air merupakan salah satu maskapai asal indonesia yang mengizinkan para pramugagrinya mengenakan hijab. Tidak hanya itu,sebelum lepas landas para pramugari sriwijaya air mengajak penumpang nya untuk berdo’a.

Dengan balutan seragam berwarna merah atau ungu lengkap dengan hijab nya pramugari sriwijaya air siap membantu dana melayani perjalanan anda.

Baca Juga: Negara Maju Ramai-Ramai Bikin Matahari Buatan, untuk Apa?

Baca Juga: Bermula dari Hobi Merawat Kaktus, Kini Jadi Sumber Penghasilan

4. Air Asia

Merupakan maskapai penerbangan yang berpusat di kualalumpur Malaysia dan merupakan maskapai swasta terbesar yang melayani rute penerbangan, Indonesia, Arab Saudi, Jepang, Vietnam, Singapura, Thailand, Malaysia dan rute charter menuju China dan Hongkong. Dan Merupakan maskapai penerbangan dengan tarif yang rendah.

5. Lion Air

Lion Air Merupakan Maskapai Penerbangan swasta terbesar di Indonesia yang berpusat di ibu kota Jakarta. Yang didirikan pada tanggal 15 November 1999 dan mulai pertama kali beroprasi pada tanggal 30 Juni 2000.

Lion Air memiliki jaringan rute di Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Arab Saudi dan juga memiliki carter ke China dan Hongkong.

Dikutip Okezone.com, berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang pramugari: 

- Wanita

- Berpenampilan menarik

- Belum menikah

- Usia minimal 18 tahun

- Minimal lulusan SMA/SMK/sederajat

- Tinggi badan minimal 160 cm

- Tidak menggunakan kacamata

- Fasih berbahasa Inggris (aktif)

- Tidak buta warna. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Baca Juga