Ini Upaya Pemkab Buton Selatan Atasi Kemiskinan Ekstrem

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Minggu, 24 Maret 2024
0 dilihat
Ini Upaya Pemkab Buton Selatan Atasi Kemiskinan Ekstrem
Penyerahan bantuan perempuan kepala keluarga oleh Pj Bupati Buton Selatan La Ode Budiman. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Untuk mengatasi kemiskinan ekstrem, Pemerintah Kabupaten Buton Selatan menyalurkan beberapa program bantuan kepada masyarakat "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Untuk mengatasi kemiskinan ekstrem, Pemerintah Kabupaten Buton Selatan menyalurkan bantuan program pemberdayaan dan penanganan kemiskinan, bantuan untuk kelompok usaha bersama (KUBE) dan bantuan usaha ekonomi produktif melalui perempuan kepala keluarga oleh Dinas Sosial Buton Selatan.

Selain itu, ada pula bantuan untuk janda lansia oleh Dharma Wanita Persatuan Buton Selatan, santunan kepada orang tua korban dan saksi anak oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta bantuan hibah barang oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Buton Selatan.

Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman, pada acara Safari Ramadan menyatakan, potensi masyarakat khususnya di Kecamatan Kadatua dapat dikembangkan agar masyarakat yang mempunyai hobi di bidang otomotif maupun pembuatan roti dapat terwadahi.

Oleh sebab itu, pada kesempatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Buton Selatan bersama OPD terkait memberikan sejumlah bantuan kepada masyarakat penerima manfaat di Desa Banabungi, Kecamatan Kadatua, Kabupaten Buton Selatan.

Dengan bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemandirian masyarakat, pasalnya ia mengaku bahwa tujuan dari pemberian sejumlah bantuan ini untuk membantu masyarakat dalam memperoleh penghasilan lebih dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Sehingga kata dia, kemiskinan ekstrem dapat dihilangkan di Kabupaten Buton Selatan.

Baca Juga: Pemda Bombana Dorong Penggunaan Dana Desa 2024 untuk Kemiskinan Ekstrem

"Alhamdulillah hari ini telah diberikan sejumlah bantuan yang mana diharapkan dengan ini dapat menghapus kemiskinan ekstrem di Buton Selatan," ucapnya, Sabtu (23/3/2024) malam.

Budiman menyebutkan, tidak menutup kemungkinan masih ada sejumlah masyarakat yang belum mendapatkan informasi kalau ada bantuan ekonomi produktif (UEP) yang dapat meningkatkan potensi dan kemandirian masyarakat. Untuk itu, kata dia, masyarakat dapat langsung berkomunikasi dengan OPD teknis terkait misalnya salah satunya bisa melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Buton Selatan dan Dinas Sosial Buton Selatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Buton Selatan, La Salimu mengatakan, harapan dari diberikannya bantuan usaha ekonomi produktif (UEP) untuk masyarakat Kadatua, bukan hanya bertujuan menghilangkan kemiskian ekstrem di Buton Selatan. Namun untuk membantu mengendalikan Inflansi jelang hari Raya Idul Fitri yang mana terdapat penyaluran bantuan kepada perempuan kepala rumah tangga (janda) agar dapat membantu dalam melanjutkan hidupnya bersama keluarga.

Baca Juga: Pemda Konawe Selatan Tekan Angka Kemiskinan Melalui Kerja Sama Perbankan

Kemudian, Generasi Muda Karang Taruna Desa Banabungi, Kecamatan Kadatua penerima bantuan usaha ekonomi produktif (UEP), La Ode Arlin Saputra, mengungkapkan kegembiraannya, pasalnya bantuan yang ia terima dapat membantu dirinya dalam mengembangkan potensinya di bidang otomotif.

Arlin mengatakan, dengan bantuan UEP setidaknya dapat membantu mengurangi jumlah pengangguran khususnya di Desa Banabungi, Kadatua, Buton Selatan. Ia pun berharap semoga bantuan serupa dapat terus dikucurkan kepada masyarakat terutama pada generasi muda sebab dengan bantuan tersebut menjadikan masyarakat tidak perlu lagi keluar daerah untuk mengadu nasib.

"Senang, jadi pemuda di sini tidak banyak juga yang menganggur," ujarnya. (A)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga