Ini Waktu Terbaik Bersedekah, Disaksikan dan Didoakan Malaikat

Haerani Hambali, telisik indonesia
Rabu, 29 September 2021
0 dilihat
Ini Waktu Terbaik Bersedekah, Disaksikan dan Didoakan Malaikat
Bersedekah di waktu subuh memiliki keutamaan. Foto: Repro Liputan6.com

" Banyak ulama berpendapat bahwa waktu terbaik untuk mengeluarkan harta di jalan Allah adalah saat subuh atau sebelum matahari terbit. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sedekah adalah pemberian secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

Sudah menjadi kewajiban seorang Muslim menyisihkan sebagian hartanya untuk berbagi kepada saudaranya yang membutuhkan.

Sedekah harus dilandasi oleh rasa ikhlas dan tidak mengharapkan imbalan. Allah SWT menjelaskan keistimewaan orang bersedekah dalam Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 261.

"Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (sedekah) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipatgandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugrah-Nya) lagi Maha Mengetahui."

Sedekah merupakan perintah Allah SWT untuk umat manusia. Karena dalam rezeki seseorang terdapat hak orang lain yang harus dikeluarkan.

Sebenarnya sedekah dapat dilakukan kapan saja. Namun banyak ulama berpendapat bahwa waktu terbaik untuk mengeluarkan harta di jalan Allah adalah saat subuh atau sebelum matahari terbit.

Waktu yang tepat untuk melakukan sedekah subuh adalah setelah salat subuh. Sedekah subuh memiliki keutamaan yang dahsyat bagi umat muslim, salah satunya yaitu dapat mengabulkan hajat.

Berikut ini penjelasan mengenai keutamaan dari sedekah subuh serta cara mengamalkannya, dikutip dari Liputan6.com.

1. Didoakan Malaikat

Bersedekah di waktu subuh memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah pada waktu ini akan ada dua malaikat yang mendoakan amalan kita. Rasulullah bersabda:

"Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, 'Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah'. Malaikat yang satu berkata, 'Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil." (HR. Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah).

Dari hadis tersebut, barangsiapa yang memutuskan untuk memberikan hartanya, maka akan didoakan oleh malaikat agar rezekinya semakin lancar dan berkah. Sedangkan mereka yang enggan, maka akan didoakan agar ditahan pula rezekinya.

Baca juga: Saat Sakit, Baca Doa dan Zikir Ini Sebagai Ikhtiar Minta Kesembuhan

Baca juga: Terbangun Tengah Malam? Baca Zikir Ini, Insya Allah Keinginan akan Dikabulkan

2. Dikabulkan Permintaannya

Selain itu, salah satu keutamaan sedekah subuh adalah dikabulkannya permintaan kita. Bersedekah subuh yang diiringi doa dapat membantu terkabulnya permintaan, memperlancar rezeki, mengangkat penyakit, hingga memudahkan segala urusan.

3. Menghapus Dosa

Manfaat melakukan sedekah di waktu Subuh juga bisa menghapuskan dosa dan membawa ketenangan hati bagi yang melakukannya. Hal ini pun disebutkan dalam hadis sebagai berikut :

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Trimidzi).

4. Harta Jadi Berkah

Harta kita tidak berkurang karena bersedekah. Memberikan sedekah di waktu subuh kepada yang membutuhkan, malah membuat harta kita semakin berkah. Artinya, harta tersebut akan diganti berlipat-lipat oleh Allah SWT.

Meski begitu, saat bersedekah umat muslim juga perlu melakukannya secara ikhlas dan tulus agar amalannya diterima. Jadi, bukan semata-mata bersedekah hanya karena ingin mendapatkan imbalan berlipat dari-Nya.

5. Didekatkan pada Surga dan Dijauhkan dari Neraka

Keutamaan sedekah subuh yang selanjutnya adalah didekatkan pada pintu surga dan dijauhkan dari api neraka bagi yang mengamalkannya. Hal ini pun disebutkan dalam hadis berikut ini:

“Orang yang memberikan atau menyumbang dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga, ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.” (HR Bukhari dan Muslim).

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat thayyibah.” (HR Bukhari dan Muslim).

Alasan Perbanyak Sedekah Subuh

Sedekah subuh memiliki keutamaan dibandingkan sedekah pada waktu lainnya. Saat sebagian orang masih terlelap, Anda sudah sibuk meraih rida Allah SWT dengan bersedekah. Tak selalu berupa uang, sedekah subuh juga bisa dilakukan dengan berzikir, membagi makanan, mengajar ngaji, atau melakukan kebajikan lain.

Sedekah subuh dimulai sejak azan subuh sampai terbit fajar. Lakukan sedikit demi sedikit sampai Anda bisa konsisten setiap hari. Dengan begini, maka Anda akan mendapatkan keutamaan dari sedekah subuh yang telah dijanjikan oleh Allah SWT.

Dikutip dari Tribunjabar.id, Syekh Ali Jaber pernah mengungkapkan dalam ceramahnya ada dua keistimewaan sedekah di waktu subuh.

Pertama, sedekah di waktu subuh istimewa karena di sanalah waktu dua malaikat turun bergantian. Dua malaikat yang berganti di waktu subuh ini menyaksikan hamba-hamba Allah SWT dalam keadaan apapun.

Dijelaskan Syekh Ali Jaber, malaikat tersebut berdoa kepada Allah SWT agar mengganti amalan bagi orang yang senang berinfak atau sedekah.

Kedua, kata Syekh Ali Jaber, istimewanya sedekah subuh adalah juga akan terhapus dosa, baik dosa yang tak disengaja maupun dosa yang disengaja.

Sebagaimana Rasulullah SAW pernah bersabda.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR Tirmdzi).

Selain di waktu subuh, waktu istimewa untuk bersedekah adalah di hari Jumat. Mengingat keutamaan hari Jumat yang di dalamnya ada pahala besar dari setiap amalan yang dilakukan.

Dari Abu Hurairah ra, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

Artinya: “Hari yang baik saat terbitnya matahari adalah hari Jumat." (C)

Reporter: Haerani Hambali

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga