Inilah Tiga Hikmah Idul Adha yang Bisa Dipetik Saat Pandemi

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Jumat, 31 Juli 2020
0 dilihat
Inilah Tiga Hikmah Idul Adha yang Bisa Dipetik Saat Pandemi
Aboe Bakar Alhabsyi. Foto: Ist.

" Kita harus yakin bahwa Allah SWT pasti akan memberikan pertolongan. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sudah dua kali perayaan hari besar Islam dijalankan dalam kondisi dunia dilanda pandemi COVID-19, yakni perayaan Idul Fitri dan Idul Adha 1441 Hijriah. Meski begitu, umat Islam tetap bisa memetik hikmah dari kondisi seperti ini yaitu ketedalanan Nabi Ibrahim.

Anggota DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aboebakar Alhabsyi mengatakan, Nabi Ibrahim dengan tabah menjalankan perintah Allah untuk mengurbankan anak sematawayangnya, Ismail.

“Sikap tabah atas ujian seperti ini sangat diperlukan di saat kita mengalami wabah COVID-19. Ketabahan menghadapi pandemi akan menjadi kunci kemampuan psikologis kita dalam menghadapi cobaan hidup,” kata Aboebakar dalam keterangannya kepada Telisik.id di Jakarta, Jumat (31/7/2020).

Baca juga: Gugurkah Shalat Jumat Jika Bertepatan dengan Hari Raya?

Kedua, lanjut Aboebakar, keyakinan terhadap pertolongan Allah yang dicontohkan oleh Siti Hajar. Saat Siti Hajar bersa’i antara bukit Sofa dan Marwa untuk mencari air tanpa putus asa adalah pelajaran untuk kita semua. Saat menghadapi masa sulit di saat pandemi seperti saat ini, kita tidak boleh berputusasa.

"Kita harus yakin bahwa Allah SWT pasti akan memberikan pertolongan,” ucap Aboe Bakar.

Ketiga, menurut Aboebakar, menyembelih hewan kurban adalah bentuk solidaritas sosial. Nilai ini sangat penting saat terjadi pagebluk seperti saat ini.

“Saling berbagi dan saling menolong adalah nilai kunci ketahanan sosial di tengah masyarakat. Apalagi distribusi hewan kurban menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan gizi masyarakat dan daya tahan tubuh,” pungkasnya.

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga