Intip Beasiswa Tanpa TOEFL, IELTS dan LOA di Luar Negeri

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 25 Juli 2023
0 dilihat
Intip Beasiswa Tanpa TOEFL, IELTS dan LOA di Luar Negeri
Ada beberapa beasiswa ke luar negeri tanpa meminta syarat atau dokumen TOEFL, IELTS maupun LoA untuk tahun 2023. Foto: Tribunkaltim.com

" Anda sedang mencari beasiswa luar negeri tanpa TOEFL? Anda bisa mengikut beberapa beasiswa berikut "

KENDARI, TELISIK.ID - Anda sedang mencari beasiswa luar negeri tanpa TOEFL? Anda bisa mengikut beberapa beasiswa berikut.

Ada beberapa beasiswa ke luar negeri tanpa meminta syarat atau dokumen TOEFL, IELTS maupun Letter of Acceptance (LoA) untuk tahun 2023.

Secara umum, dokumen seperti sertifikat Bahasa Inggris semacam TOEFL, IELTS dan LoA biasanya menjadi syarat wajib calon mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri. 

Berikut program beasiswa luar negeri tanpa TOEFL dikutip dari Okezone.com dan Kompas.com:

Baca Juga: Pemda Konawe Salur Beasiswa untuk Ratusan Mahasiswa Unilaki

1. Beasiswa DAAD Germany

Calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah di Jerman, kalian harus menjajal beasiswa DAAD (Deutscher Akademischer Austauschdienst). Sebab, beasiswa untuk berkuliah di Jerman ini termasuk beasiswa tanpa TOEFL.

Sebagai gantinya, kalian yang ingin melanjutkan S2 dengan pengantar bahasa Jerman harus mengikuti DSH 2 atau TestDAF 4 dan harus menyesaikan tes tersebut pada level A2.

Beasiswa juga mencakup asuransi kesehatan selama di Jerman, biaya perjalanan pulang pergi, tunjangan keluarga, hingga subsidi hunian.

2. GKS Embassy Track

Korea Selatan Beasiswa jenjang S1, S2 dan S3 ini harus tahu jika beasiswa ini tak mewajibkan calon mahasiswa menyertakan TOEFL, IELTS atau sertifikat Bahasa Inggris lainnya. Untuk LoA hanya dibutuhkan saat mahasiswa dinyatakan lolos beasiswa. GKS Embassy Track Scholarship menawarkan 54 perguruan tinggi di Korea Selatan yang bisa didaftar melalui beasiswa ini.

3. Manaaki New Zealand Scholarship

Selandia Baru Beasiswa jenjang S2 dan S3 ini juga tidak meminta mahasiswa wajib melampirkan TOEFL/IELTS. Mahasiswa justru akan diberi fasilitas tes IELTS gratis di tengah seleksi.

Beasiswa ini juga tak wajib menyertakan LoA saat daftar. Seperti ini dokumen yang dibutuhkan: Fotokopi ijazah perguruan tinggi resmi yang dilegalisir dan terjemahannya dalam bahasa Inggris Fotokopi transkrip nilai perguruan tinggi yang dilegalisir dan terjemahannya dalam bahasa Inggris. Bukti kewarganegaraan (KTP atau paspor)

4. Chevening Scholarship

Inggris Beasiswa ini tidak mewajibkan mempunyai IELTS/TOEFL dan LoA saat pertama mendaftar. Namun, dibutuhkan IELTS hanya saat mendaftar kampus untuk mendapat LoA Universitas bila lolos ke tahap wawancara Chevening.

Baca Juga: Hari Ini Terakhir, Begini Cara Daftar dan Tips Lolos Beasiswa Cendekia Basznas

Lalu apa saja syarat beasiswa Chevening? Ini dokumen yang dibutuhkan: Paspor/KTP Ijazah dan transkrip nilai Tiga pilihan jurusan Master berbeda di Inggris Dua surat rekomendasi dari pemberi referensi yang mengenal kapasitas profesional dan akademik pelamar Esai dengan topik yang telah ditetapkan setiap tahun.

5. Romanian Government Scholarship

Pemerintah Rumania menyediakan beberapa beasiswa untuk Warga Negara Asing (WNA) termasuk Warga Negara Indonesia (WNI) untuk tahun akademik 2023-2024.

Permohonan bisa diajukan antara 15 Desember 2022 hingga 1 Maret 2023 dengan hasil yang diumumkan pada tanggal 15 Juli 2023. Hanya kandidat dengan hasil minimal 7 dari 10 atau good akan dipilih. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga