Intip Pesona Gua Kontamale Wakatobi, Dipercaya Bisa Datangkan Jodoh

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Sabtu, 29 April 2023
0 dilihat
Intip Pesona Gua Kontamale Wakatobi, Dipercaya Bisa Datangkan Jodoh
Gua Kontamale dipercaya oleh masyarakat setempat dapat mempermudah datangnya jodoh. Foto: Instagram Wakatobimasakini

" Pesona air biru yang ditawarkan Gua Kontamale, memikat para pengunjung untuk menyegarkan diri dan konon masyarakat setempat percaya, gua itu bisa mempermudah jodoh "

KENDARI, TELISIK.ID - Pesona air biru yang ditawarkan Gua Kontamale, memikat para pengunjung untuk menyegarkan diri dan konon masyarakat setempat percaya, gua itu bisa mempermudah jodoh.

Gua Air Kontamale merupakan salah satu objek wisata berupa pemandian umum yang ada di Pulau Wangi-Wangi atau Wanci, Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Wisata itu merupakan gua kapur yang didalamnya memiliki mata air luas, di mana kondisi gua itu dikelilingi oleh stalaktit cantik, berpadu dengan air jernih kebiru-biruan.

Baca Juga: Danau Kasiono Oe Tempat Kemah Estetik Kaum Milenial

Berlokasi di Jalan Poros Wandoka Lingkungan Teekosapi, Pongo, Kecamatan Wangi-Wangi. Letaknya cukup strategis yaitu dari jalan raya hanya berjarak sekitar 100 meter.

Ada beberapa kolam di dalam Gua Kontamale, di mana setiap kolam memiliki kedalaman yang berbeda-beda, yakni berkisar 1 meter hingga 3 meter.

Goa Kontamale merupakan salah satu wisata yang ada di Pulau Wangi-Wangi, Wakatobi dan masih terjaga keaslian alamnya. Foto: Repro Instagram Wakatobimasakini

 

Selain menyajikan keindahan gua yang menawan, kawasan wisata itu juga memiliki mitos yang dipercaya warga sekitar sejak lama. Ada mitos yang mengatakan, mata air di Gua Kontamale dapat mempermudah jodoh bagi yang masih jomblo.

Tak hanya itu, masyarakat setempat juga memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi dan mencuci, namun kondisi airnya tetap saja jernih. Bahkan bisa melihat tembus hingga di dasar kolam.

Rute perjalanan bisa ditempuh melalui udara dengan memilih penerbangan dari Bandara Haluoleo Kendari menuju Kota Baubau, lalu dilajutkan dengan menggunakan kapal dari Pelabuhan Murhum Baubau menuju Pulau Wangi-Wangi.

Goa Kontamale dipercaya oleh masyarakat setempat dapat mempermudah datangnya jodoh. Foto: Repro Instagram Wakatobimasakini

 

Selanjutnya, melalui darat dapat ditempuh dengan naik kapal dari Pelabuhan Nusantara Kendari menuju Pelabuhan Murhum Baubau, lalu dilanjutkan naik kapal menuju ke Pelabuhan Rakyat Wangi-Wangi.

Salah seorang masyarakat setempat, La Ode Zulfikar menjelaskan, kondisi Gua Kontamale masih sangat terjaga alamnya dan belum dikelola dengan pihak pemerintah.

‘’Banyak pengunjung yang datang, tidak ada biaya masuk atau penjaganya,’’ jelasnya.

Ia juga menambahkan, jika benar di tempat itu memang dipercaya oleh masarakat setempat bisa mendatangkan jodoh.

Baca Juga: Pesona Keindahan Pulau Labengki, Miniatur Raja Ampat Ala Sulawesi Tenggara

‘’Misalnya kalau ada 2 orang kekasih yang salah satunya tidak mau menikah tapi satunya mau, setelah datang mandi di sini keduanya langsung sama-sama mau menikah. Kurang lebih begitu,’’ ucapnya kepada Telisik, Kamis (25/5/2023).

Selain itu, salah seorang pengunjung dari Kota Kendari, Azzahra Maharani mengatakan, suasana di Gua Kontamale sangat sejuk dan natural.

‘’Biasanya kalau kita datang ke tempat wisata yang banyak dikunjungi masyarakat pasti tercermar, tapi ini masih jernih sekali’’ ucapnya. (B-Adv)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga