Investor China Rencana Bangun Pabrik Baterai Litium di Buton

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Kamis, 24 Desember 2020
0 dilihat
Investor China Rencana Bangun Pabrik Baterai Litium di Buton
Bupati Buton memimpin rapat virtual di Ruang Rapat VIP, Anjungan Kantor Bupati Buton, Rabu (23/12/2020), membahas rencana investasi China. Foto: Ist.

" Apalagi menurut hasil pertemuan dengan investor, akan dibangun pula PLTU di lokasi yang sama. "

BUTON, TELISIK.ID - Potensi sumber daya alam yang dimiliki Kabupaten Buton khususnya pertambangan mangan dan nikel, menarik perhatian investor asal China untuk mengembangkan pabrik baterai litium.

Bupati Buton Drs. La Bakri MSi sangat antusias menyambut rencana investasi tersebut  dan siap untuk menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan.

"Pemerintah daerah menyambut baik rencana investasi tersebut dan akan menyampaikan juga kepada gubernur sebagai wakil pemerintah pusat. Sebenarnya ini sudah dibahas bersama Asisten Deputi Kemenkomarves RI, dan bea cukai yang sangat mensupport rencana investasi tersebut," jelas La Bakri, Kamis (24/12/2020).

La Bakry menambahkan, Buton juga siap menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan termasuk melakukan komunikasi dengan pihak perusahaan nikel untuk kesiapan bahan baku pabrik baterai maupun smelter nikel.

Baca juga: Jalan Minim Rambu Lalu Lintas, Warga Kolaka Utara Resah

La Bakri selanjutnya juga menjelaskan bahwa di Buton terdapat dua IUP biji nikel yang beroperasi dengan deposit nikel diperkirakan lebih dari 100 juta ton. Dengan adanya pabrik baterai nantinya, akan menyerap tenaga kerja yang banyak sehingga mengurangi angka pengangguran.

"Apalagi menurut hasil pertemuan dengan investor, akan dibangun pula PLTU di lokasi yang sama," ungkapnya.

Adapun konsep pengembangan Kawasan Industri Buton yang digagas ini bernama BIP (Buton Industrial Park) sebagai pusat pertambangan kota-daur ulang baterai. Lokasi yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Buton untuk BIP ini terletak di Kecamatan Kapontori.

"Semoga bisa terealisasi utamanya pada saat mereka berkunjung atau survei ke Buton awal tahun depan," harapnya. (B)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga