Irham Kalenggo Nyaris Baku Hantam dengan Herman Pambahako di Pembahasan Revisi RTRW Konsel

Kardin, telisik indonesia
Senin, 05 Oktober 2020
0 dilihat
Irham Kalenggo Nyaris Baku Hantam dengan Herman Pambahako di Pembahasan Revisi RTRW Konsel
Nampak Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo dan Herman Pambahako sedang berdiri dan saling tunjuk. Foto: Ist.

" Awalnya berlangsung aman dan terkendali, setelah itu ketegangan terjadi, karena adanya perbedaan pendapat terkait RTRW yang akan ditetapkan menjadi Perda dan yang menolak. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Agenda rapat revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang akan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) oleh DPRD Konawe Selatan (Konsel) nyaris adu jotos.

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo itu dihadiri seluruh anggota Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda) akhirnya nyaris ricuh dan terpaksa diskorsing, pada Senin (5/10/2020).

Kericuhan itu diawali dengan pembukaan oleh Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo dan langsung mendapat interupsi oleh anggota, salah satunya dari Fraksi PDIP, Herman Pambahako.

Herman Pambahoko mengeluarkan interupsi dengan nada keras dan sambil berdiri dan sempat membuang kertas dan gelas yang ada di hadapannya. Aksi protes keras yang dipertontonkan anggota DPRD Konsel itu juga sempat memicu anggota lainnya, Nadira dengan mengambil microfon dan menyampaikan untuk tenang dan menyerukan kepada yang tidak berkepentingan untuk meninggalkan ruangan.

Baca juga: Seorang Warga Hilang di Perairan Bombana saat Memancing

Sementara itu, Irham Kalenggo yang memimpin rapat juga sempat berdiri dan menunjuk Herman Pambahako untuk memberikan interupsi yang komprehensif.

Namun, Herman Pambahoko tidak menerima dan membuang gelas dan piring yang ada di depan mejanya. Ketegangan yang terjadi itu membuat sejumlah anggota DPRD lainnya dan staf menenangkan keduanya, hingga skorsing sidang.

"Awalnya berlangsung aman dan terkendali, setelah itu ketegangan terjadi, karena adanya perbedaan pendapat terkait RTRW yang akan ditetapkan menjadi Perda dan yang menolak," ujar salah satu Anggota DPRD Konsel, Udin Saputra.

Katanya, setelah sempat ribut dan diamankan, Ketua DPRD, Irham Kalenggo kemudian menskorsing sidang untuk istirahat.

"Saat ini baru dibuka kembali pembahasan revisi RTRW," katanya singkat. (B)

Reporter: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga