IRT di Konawe Didorong Tabung Hasil Usaha yang Dijalankan

Aris Syam, telisik indonesia
Senin, 25 April 2022
0 dilihat
IRT di Konawe Didorong Tabung Hasil Usaha yang Dijalankan
Suasana kegiatan pelatihan DEA untuk para Ibu rumah tangga di Konawe, mereka didorong agar menabung dari hasil usaha yang dijalankan. Foto: Ist

" Pemerintah Kabupaten Konawe mendorong para Ibu rumah tangga (IRT) untuk memiliki kepiawaian dan sikap cerdas menabung dari hasil usaha yang dijalankan "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Konawe mendorong para Ibu rumah tangga (IRT) untuk memiliki kepiawaian dan sikap cerdas menabung dari hasil usaha yang dijalankan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Konawe, Jahiuudin saat membuka kegiatan pelatihan Digital Entreprenneurship Academy (DEA) di salah satu hotel di Konawe, Senin (25/4/2022).

Jahiuudin bilang, pelatihan yang diberikan kepada IRT yang ada di Konawe tersebut mengenai kewirausahaan, tentang cara memulai usaha dari mana, dan beberapa indikator-indikator yang harus dimiliki dalam memulai usahanya.

"Indikator awalnya itu, mereka harus ada kemauan dulu, kemudian modal, pengelolaan manajemen yang baik, sehingga mereka bisa tau dalam usahanya untung atau tidak," katanya.

Jahiuudin menambahkan, jika dalam indikator tersebut sudah dijalankan dengan baik, maka otomatis usaha yang mereka jalankan pasti juga akan baik dan bisa meningkat.

Baca Juga: Jelang Lebaran 2022, Sekda Konawe Minta Sinergi TIm Gabungan Ditingkatkan

Kemudian, ketika usaha para UMKM ini telah berjalan dengan baik, sekiranya dapat menyisipkan sebagian hasilnya untuk ditabung dan tidak boros.

"Saya harapkan agar hasil dari usahanya itu bisa ditabung, entah itu di bank atau tempat lain, agar nantinya bisa digunakan untuk meningkatkan usahanya lagi menjadi besar," harapnya.

Lebih lanjut, Jahiuudin juga menyampaikan untuk mengikuti era digital saat ini, diharapkan para UMKM agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman, sehingga akan lebih terbantu lagi dalam menjalankan usahanya.

"Jika mereka sudah kuasai, kan bisa mereka gunakan akun Facebook atau sosmed lain untuk promosikan produk dari usahanya," jelasnya.

Baca Juga: Ratusan CPNS Muna Barat Terima SK 100 Persen, Bupati: Jangan Cengeng dalam Bekerja

Sementara itu, Kepala Diskominfo Konawe, Muh Akib mengatakan, jika kegiatan itu merupakan tindak lanjut atas ditandatanganinya MoU antara Bupati Konawe dengan Kepala Badan Litbang SDM Kominfo Makassar beberapa waktu lalu. Di mana, telah disepakati akan digelar berbagai pelatihan untuk peningkatan kapasitas SDM di Kabupaten Konawe.

"Kemarin-kemarin sudah kita lakukan pelatihan, dan hari ini khusus untuk IRT yang ingin membangun usaha mereka," ungkapnya.

Ia juga berharap, agar kegiatan ini dapat memberikan pelatihan dan keterampilan dalam bidang digital bagi para Ibu rumah tangga, sehingga bisa menjadi sumber daya manusia yang unggul untuk menghadapi era revolusi industri 4.0.

"Jadi kegiatannya ini selama 2 hari, mereka akan diberikan pelatihan dan keterampilan dari pemateri yang handal," pungkasnya. (B-Adv)

Reporter: Aris Syam

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga