Istilah Dukhan dalam Surat Ad Dukhan dan 15 Ramadan Viral

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 07 Mei 2020
0 dilihat
Istilah Dukhan dalam Surat Ad Dukhan dan 15 Ramadan Viral
Ilustrasi bacaan Surat Ad Dukhan dalam Al-Quran. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Namun kabar Dukhan pada Jumat 8 Mei 2020 atau 15 Ramadan 1441 H, tentu saja tidak bisa dipastikan kebenarannya, yang pasti sebuah peristiwa seluruhnya adalah atas kehendak Allah SWT. "

KENDARI, TELISIK.ID - Beberapa hari terakhir, kata Dukhan atau Dukhon menjadi viral setelah beredar di berbagai media sosial dan grup-grup WhatsApp (WA).

Pasalnya, Dukhan yang dalam bahasa Arab artinya adalah kabut atau asap tebal dikaitkan dengan tanda-tanda kiamat sudah dekat, yang datangnya disebut-sebut pada hari Jumat tanggal 15 Ramadan, yang kebetulan puasa tahun ini 15 Ramadan jatuh pada hari Jumat atau 8 Mei 2020 besok.

Dilansir SURYA.CO.ID, hal tersebut juga diperkuat dengan adanya kejadian hujan meteor dan ada asteroid yang mendekati Bumi pada tanggal 7 Mei malam Jumat.

Karena itulah istilah  Dukhan kembali  viral. Lalau ada apa dengan 15 Ramadan besok?

Sejumlah ulama meragukan Dukhan akan terjadi besok, 15 Ramadhan 1441 H atau 8 Mei 2020, termasuk Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga menyatakan jangan percaya terjadinya Dukhan 15 Ramadhan besok.

Baca juga: Hoaks Asteroid Akan Tabrak Bumi pada 8 Mei 2020

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN juga memastikan asteroid yang mendekati Bumi sama sekali tidak berbahaya karena jaraknya masih sangat jauh, lebih jauh dari jarak Bumi-Bulan.

Dukhan sendiri adalah salah satu nama surat di dalam Al -Quran, Surat Ad Dukhan yang artinya kabut dan terdiri dari 59 ayat.

Menurut penjelasan Hadis Muslim, Dukhan disebut sebagai tanda hari kiamat bersamaan dengan munculnya Dajjal.

"Tidak akan terjadi hari kiamat hingga kalian melihat sepuluh tanda: bencana penenggelaman manusia ke tanah di negeri barat, negeri timur dan di jazirah Arab, terjadi ad dukhan, munculnya Dajjal, munculnya Dabbah, munculnya Ya'juj dan Ma'juj, terbitnya matahari dari barat, munculnya api yang keluar cekungan Aden yang mengusir manusia." (HR Muslim.)

Namun kabar Dukhan pada Jumat 8 Mei 2020 atau 15 Ramadan 1441 H, tentu saja tidak bisa dipastikan kebenarannya, yang pasti sebuah peristiwa seluruhnya adalah atas kehendak Allah SWT.

 

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Sumarlin

TAG:
Baca Juga