Jabat Kepala Otorita IKN, Ini Profil Bambang Susantono

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 10 Maret 2022
0 dilihat
Jabat Kepala Otorita IKN, Ini Profil Bambang Susantono
Kepala Otorita IKN dijabat oleh Bambang Susantono. Foto: Repro kaltimkita.com

" Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akhirnya melantik Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Wakil Kepala Otorita IKN "

JAKARTA, TELISIK.ID - Setelah melalui proses yang cukup panjang, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akhirnya melantik Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Wakil Kepala Otorita IKN, Kamis (10/3/2022).

Dilansir dari website Setkab, pelantikan yang dilakukan sore ini, untuk posisi Kepala Otorita IKN dijabat oleh Bambang Susantono sementara Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN.

Melansir kontan.co.id dari Kompas.com, berikut profil Kepala Otorita IKN dijabat oleh Bambang Susantono

Bambang Susantono adalah alumni dari Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) 1987. Bambang Susantono melanjutkan program pascasarjana di Universitas California, Berkeley untuk gelar master tata kota dan wilayah dan lulus pada 1996.

Pada 1998, Bambang Susantono meraih gelar MSCE di bidang teknik transportasi di universitas yang sama. Kemudian pendidikan doktoralnya diselesaikan pada tahun 2000 dengan meraih gelar doktor di bidang perencanaan infrastruktur dari Universital California, Berkeley.

Setelah itu, Bambang Susantono dikenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi.

Bambang Susantono juga pernah menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah periode 2007-2010.

Baca Juga: Cerita LM Muharram, Calon Sekda Busel yang Gugur Karena Dugaan Intrik

Pada 2009 lalu Bambang Susantono diangkat sebagai Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) saat pemerintahan Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Tugasnya yakni membantu Menteri Perhubungan dalam membenahi sektor transportasi di Indonesia.

Kemudian Bambang Susantono menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Perhubungan setelah Menteri Perhubungan sebelumnya Evert Ernest Mangindaan mengundurkan diri karena terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019.

Bapak dua anak ini pun telah menulis beberapa buku seputar infrastruktur dan transportasi. Salah satunya adalah “Manajemen Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah” yang menjadi panduan dalam melakukan terobosan dalam rangka pembangunan nasional.

Buku lain yang pernah ditulis Bambang Susantono adalah “1001 Wajah Transportasi Kita”, “Strategi dalam Penataan Ruang dan Pengembangan Wilayah” dan “Memacu Infrastruktur di Tengah Krisis”.

Baca Juga: Profil Arina Reskyana Arfa, Putri Indonesia 2022 Asal Sultra

Sejak 2015 lalu Bambang Susantono menjabat sebagai Wakil Presiden Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB) dengan spesialisasi tugas urusan pengelolaan pengetahuan dan pembangunan berkelanjutan.

Biodata Bambang Susantono

Nama lengkap: Bambang Susantono.

Lahir: 4 November 1963.

Asal: Yogyakarta.

Pendidikan: Institut Teknologi Bandung, University of California. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga