Jadi Pj Kades Wadolao, Camat Marobo Diberi Waktu Enam Bulan Siapkan Pilkades PAW

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 10 November 2023
0 dilihat
Jadi Pj Kades Wadolao, Camat Marobo Diberi Waktu Enam Bulan Siapkan Pilkades PAW
Kadis PMD Muna, Fajaruddin Wunanto menyerahkan SK Pj kades Wadolao ke cCmat Marobo. Foto: Sunaryo/Telisik

" Bupati Muna, LM Rusman Emba menunjuk Camat Marobo, Musyafir Emil Tabah Ndeho sebagai Pj Kepala Desa (Kades) Wadolao "

MUNA, TELISIK.ID - Bupati Muna, LM Rusman Emba menunjuk Camat Marobo, Musyafir Emil Tabah Ndeho sebagai Pj Kepala Desa (Kades) Wadolao. Penunjukan camat Marobo sesuai dengan SK Bupati Nomor 468 tanggal 10 November 2023.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Muna, Fajaruddin Wunanto mengatakan, penunjukan Camat Marobo untuk mengisi kekosongan jabatan, setelah Kades Wadolao, La Ode Marulah meninggal akibat dibunuh kakaknya, 17 Oktober lalu.

Dasar penujukan Pj kades itu adalah Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersurat ke camat tentang pemberhentian kades akibat meninggal dunia. Dari surat itu, camat menyurat ke bupati melalui DPMD.

"Dari surat BPD itu, kita proses penujukan Pj kades," ujarnya.

Mantan Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) itu menerangkan, camat ditunjuk sebagai Pj kades, karena dinilai mengetahui kondisi wilayahnya.

Baca Juga: Pemda Muna Tunjuk Camat Marobo jadi Plt Kades Wadolao, Siapkan Pilkades Antar Waktu

Kemudian, sebagai Pj kades, camat diberi tanggung jawab untuk memfasilitasi pemilihan kepala desa (pilkades) pergantian antar waktu (PAW) paling lama enam bulan.

"Kita harapkan bulan Januari 2024 sudah bisa terlaksana pilkadesnya," pintanya.

Pilkades yang akan dilakukan bukan pemilihan langsung seluruh masyarakat. Namun, perwakilan dari tokoh masyarakat, agama, pemuda, wanita, kelompok petani dan nelayan yang diputuskan melalui musyawarah oleh BPD.

Baca Juga: Emosi Kios Hendak Dibongkar Penyebab Kades Wadolao Muna Dibunuh Kakaknya

Sementara itu, Camat Marobo, Musyafir Emil Tabah Ndeho mengatakan, sebagai Pj kades akan segera melakukan konsolidasi di tengah-tengah masyarakat. Selain menjalankan tugas-tugas administrasi pemerintahan, ia juga akan menyiapkan proses pilkades.

"InsyaAllah secepatnya, kita akan gelar Pilkades," tandasnya.

Kades Wadolao, La Ode Marulah meninggal akibat dibunuh kakaknya, La Ode AL hanya karena persoalan sepele. AL tidak terima dengan sikap kades yang ingin membongkar kiosnya di pasar. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga