Jadi Trasmisi Lokal, Ratusan Pedagang di Kendari Ikuti Rapid Tes

Sumarlin, telisik indonesia
Minggu, 17 Mei 2020
0 dilihat
Jadi Trasmisi Lokal, Ratusan Pedagang di Kendari Ikuti Rapid Tes
Proses pengambilan sampel rapid tes yang dilakukan di Pasar Basah Mandonga. Foto: Sumarlin/Telisik

" Kenapa pasar, karena kita melakukan random sampling di beberapa titik di Kota Kendari mengingat sudah adanya transmisi lokal. "

KENDARI, TELISIK.ID - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sultra, melakukan rapid tes massal pada sekira 100 pedagang di Kota Kendari, Minggu (17/5/2020).

Ketua Satgas Penanganan COVID- 19 IDI Sultra Agus Purwo Hidayat mengatakan, rapid tes massal dilakukan karena telah terjadi penularan COVID-19 antara sesama masyarakat di Kota Kendari.

Kata Agus, rapid tes dilakukan secara random di Pasar Mandonga dengan melibatkan para pedagang di pasar itu.

“Kenapa pasar, karena kita melakukan random sampling di beberapa titik di Kota Kendari mengingat sudah adanya transmisi lokal,” ungkapnya.

Selain IDI Sultra, rapid tes massal ini juga melibatkan IDI Kota Kendari, Dinas Kesehatan Kota Kendari, RSUD Kota Kendari, Satgas Pemuda Sultra dan aparat kepolisian.

Baca juga: Dua Santri Dikarantina di Hotel  Zahra Positif COVID-19

Selain Pasar Mandonga, tim IDI Sultra juga akan melakukan rapid tes massal di Pasar Anduonohu.

Terkait hasil tes nanti, Agus menambahkan akan disampaikan langsung pada yang bersangkutan, karena tim sudah mengambil identitas masyarakat yang melakukan rapid tes.

Dalam proses pengambilan sampel rapid tes, tim IDI Sultra menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

Diketahui, hingga hari Minggu (17/5/2020) total pasien positif COVID-19 di Kota Kendari berjumlah 50 orang, 35 orang diantaranya dalam perawatan, 12 sudah sembuh dan tiga orang meninggal dunia.

 

Sumarlin

Baca Juga