Jalan di Kabangka Rusak Parah, Bupati Muna Pastikan Diperbaiki Tahun Ini

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 13 September 2022
0 dilihat
Jalan di Kabangka Rusak Parah, Bupati Muna Pastikan Diperbaiki Tahun Ini
Kondisi jalan di Kecamatan Kabangka rusak parah dan kotak sumbangan yang dibuat masyarakat. Foto: Ist.

" Pinjaman Pemerintah Kabupaten Muna sebesar Rp 210 miliar pada PT SMI melalui program pemulihan ekonomi nasional (PEN) tidak mampu menjawab kebutuhan pembangunan infrastruktur "

MUNA, TELISIK.ID - Pinjaman Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna sebesar Rp 210 miliar pada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) melalui program pemulihan ekonomi nasional (PEN) tidak mampu menjawab kebutuhan pembangunan infrastruktur.

Di Kecamatan Kabangka, tepatnya jalan poros Desa Lahorio-Sarimulyo, tidak tersentuh anggaran. Masyarakat sekitar  murka dengan keberpihakan anggaran Pemkab Muna.

Sebagai bentuk protes dan sindiran, masyarakat membuat kotak sumbangan yang uangnya nanti akan digunakan untuk membenahi jalan tersebut.

Bupati Muna, LM Rusman Emba tidak tinggal diam melihat kondisi itu. Ia telah memerintahkan Dinas PUPR untuk menganggarkan perbaikannya di Perubahan APBD.

Baca Juga: Mahasiswa Desak Tangkap Bos Judi, Begini Respon Polisi

Baca Juga: Galian C Diduga Ilegal Milik Hasan di Langkat Dibeli Hutama Karya Didemo

"Tahun ini kita fungsionalkan dulu. Nanti tahun 2023, menjadi prioritas kita usulkan di DAK," kata Rusman, Selasa (13/9/2022).

Sementara itu, Plt Kadis PUPR, Aswan Kuasa menerangkan, jalan yang rusak di Kecamatan Kabangka sepanjang 10 km. Awalnya, pengaspalan jalan itu telah dianggarkan melalui dana pinjaman. Namun, karena dana pinjaman dikurangi, anggarannya dihilangkan.

Nah, sesuai intruksi bupati, pihaknya telah mengajukan usulan anggaran di Perubahan APBD untuk memfungsionalkan jalan tersebut. Sementara, untuk tahun 2023, menjadi prioritas diusulkan pada DAK.

"Tahun ini kita benahi, insyaAllah tahun 2023 bisa tuntas," janjinya. (B)

 

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

 

Artikel Terkait
Baca Juga