adplus-dvertising

Jangan Lewatkan, Ini 5 Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 01 November 2021
686 dilihat
Jangan Lewatkan, Ini 5 Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh
Jagung kaya akan vitamin, mineral penting, serat, dan antioksidan. Semua itu baik untuk jantung, mencegah sembelit, mengontrol diabetes, dan baik untuk kulit. Foto: Repro hellosehat.com

" Jagung kaya akan vitamin, mineral penting, serat, dan antioksidan. Semua itu baik untuk jantung, mencegah sembelit, mengontrol diabetes, dan baik untuk kulit "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu makanan yang dapat mengganti beras sebagai makanan pokok adalah jagung.

Dikutip dari pontianakkota.co.id, jagung adalah salah satu tanaman serealia penting di Indonesia, selain sebagai tanaman bahan pangan pokok pengganti beras dalam upaya diversifikasi pangan, jagung juga merupakan pakan ternak.

Jagung kaya akan vitamin, mineral penting, serat, dan antioksidan. Semua itu baik untuk jantung, mencegah sembelit, mengontrol diabetes, dan baik untuk kulit.


Jagung bisa dikonsumsi dalam berbagai olahan, mulai dari jagung rebus, tortilla, sereal, dan lainnya. Jenis jagung manis merupakan varian genetik lain dan memiliki banyak gula dan lebih sedikit pati dalam nutrisinya.

Diketahui, kalori dalam 100 gram jagung rebus kuning tanpa garam sekitar 96. Menurut USDA National Nutrition Database, jagung tidak hanya menyediakan kalori yang diperlukan untuk metabolisme harian yang sehat, namun juga menjadi sumber yang kaya vitamin A, B, E, K, dan mineral lainnya.

Kandungan serat bagus untuk pencernaan. Antioksidan yang terkandung dalam jagung pun bertindak sebagai agen anti-karsinogenik dan bisa mencegah Alzheimer.

Baca Juga: Hidung Tersumbat? Ini Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya

Baca Juga: Wanita Obesitas Lebih Rentan Terkena Kanker Payudara, Benarkah?

Mengutip Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut manfaat jagung untuk kesehatan:

1. Dapat Mencegah Sembelit

Kandungan serat dalam satu cangkir cangkir memenuhi 18,4% jumlah hariannya. Serat tinggi ini baik dalam menangani masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir.

Serat makanan bagus untuk melunakkan tinja, melancarkan BAB, dan mengurangi mengejan. Proses ini mengurangi risiko sindrom iritasi usus besar dan diare.

2. Menambah Berat Badan

Jagung kuning dapat menjadi sumber kalori yang kaya dan dijadikan makanan pokok di beberapa tempat. Kandungan kalori jagung manis kuning dan putih adalah 96 kalori per 100 gram. Ini sebabnya manfaat jagung bisa digunakan untuk menambah berat badan dengan cepat.

3. Memberi Mineral Esensial

Jagung mengandung beberapa mineral penting yang baik untuk pertumbuhan dan melawan penyakit, misalnya selenium, fosfor untuk pertumbuhan normal, kesehatan tulang, dan fungsi ginjal yang optimal. Magnesium juga untuk menjaga detak jantung dan meningkatkan kepadatan mineral tulang.

4. Melindungi Jantung

Minyak jagung memiliki efek anti-aterogenik pada kolesterol yang baik mengurangi risiko berbagai penyakit kardiovaskular. Kandungan asam lemak omega-3 bermanfaat untuk menghilangkan kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah, dan meminimalkan risiko jantung dan stroke.

5. Merawat Kulit dan Mata

Jagung kuning menjadi sumber makanan kaya beta-karoten yang membentuk vitamin A dalam tubuh untuk penglihatan dan kulit sehat. Beta karoten juga bertindak sebagai antioksidan yang sangat kuat dan memerangi penyakit. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga