adplus-dvertising

Jangan Lewatkan Malam Nuzulul Quran di Bulan Ramadan, Ini Amalan yang Bisa Dikerjakan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 17 April 2022
2984 dilihat
Jangan Lewatkan Malam Nuzulul Quran di Bulan Ramadan, Ini Amalan yang Bisa Dikerjakan
Malam Nuzul Quran yang ada di bulan Ramadan. Foto: Pixabay

" Salah satu momen penting di bulan ramadan adalah Nuzulul Quran. Mungkin ada beberapa di antara kalian yang belum mengetahui apa itu Nuzulul Quran? "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu momen penting di bulan ramadan adalah Nuzulul Quran. Mungkin ada beberapa di antara kalian yang belum mengetahui apa itu Nuzulul Quran?

Melansir Suara.com jaringan Telisik.id, Nuzulul Quran adalah malam peringatan Al-Qur'an turun pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW di Gua Hira. Tujuan Nabi Muhammad SAW di Gua Hira sendiri adalah untuk berkhalwat atau mengasingkan diri di tempat sunyi untuk bertafakur. Mari kita kenali lebih mendalam apa itu Nuzulul Quran.  

Nuzulul Quran 2022 diperingati atau jatuh pada tanggal 18 April 2022 sampai Selasa, 19 April 2022.  Hari tersebut merupakan hari yang berteparan dengan tanggal 17 Ramadan 1443 Hijriyah. 


Peristiwa Nuzulul Quran juga merupakan salah satu tanda Muhammad diutus sebagai Nabi dan Rasul Allah.  Pada malam Nuzulul Quran, Nabi Muhammad mendapakan wahyu yang tertera dalam Q.s. Al-alaq 1-5, yang memiliki arti:

“Bacalah! Dengan nama Tuhanmu Yang menciptakan. Menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah. Dan Tuhanmu Maha Pemurah. Yang mengajarkan dengan Pena. Mengajarkan kepada manusia apa yang belum diketahuinya...”

Baca Juga: Mistik: 10 Jenis Setan yang Dibelenggu di Bulan Ramadan, Ada yang Menggoda untuk Bergosip

Berikut amalan yang bisa dikerjakan dilansir dari Liputan6. com:

1. Membaca Al-Quran

Amalan yang bisa dilakukan di malam Nuzulul Quran yang pertama adalah istiqomah membaca Al-Quran. Setidaknya cobalah khatam membaca Al Quran satu kali selama bulan ramadan ini.

2. I’tikaf

Selanjutnya, amalan yang dilakukan di malam Nuzulul Quran adalah melakukan I’tikaf atau berdiam diri di masjid pada malam hari. Melakukan I’tikaf sebagai amalan yang dilakukan di malam Nuzulul Quran bukan berarti hanya diam dan tidur tiduran saja di masjid, namun mengisi malam tersebut dengan kegiatan berzikir kepada Allah SWT ataupun membaca Al Quran.

Baca Juga: Hukum Mendengarkan Musik Dalam Islam Menurut Buya Yahya

3. Memperbanyak Sholat Malam

Selanjutnya, kamu bisa juga mengisi malam Nuzulul Quran dengan memperbanyak salat malam dan berdoa. Amalan yang dilakukan di malam nuzulul quran ini bisa membuat lebih menghayati betapa sakral dan pentingnya peristiwa turunnya Al Quran yang menjadi pedoman seumur hidup bagi umat islam ini. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Baca Juga