Jangan Sepelekan, Ini 4 Manfaat Menyikat Gigi Sebelum Tidur

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 25 September 2021
0 dilihat
Jangan Sepelekan, Ini 4 Manfaat Menyikat Gigi Sebelum Tidur
Ilustrasi menyikat gigi. Foto: Repro detik.com/thinkstock

" Menyikat gigi pada malam hari sebelum tidur memiliki banyak manfaat. Gigi pastinya akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk menjaga gigi agar tetap sehat dan bersih dengan menyikatnya setiap hari. Biasanya dilakukan dua kali dalam sehari, yakni pagi dan malam.

Perlu diketahui, menyikat gigi pada malam hari sebelum tidur memiliki banyak manfaat. Gigi pastinya akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Melansir yoursay.com, berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rajin menyikat gigi sebelum tidur:

1. Mencegah penyakit gusi

Dengan menyikat gigi pada malam hari sebelum tidur kamu bisa terhindar dari penyakit yang namanya peradangan gusi. Peradangan gusi ini memiliki ciri-ciri gusi menjadi merah, bengkak dan lunak, serta berdarah saat kamu sedang menyikat atau membersihkan gigi.

Ketika kamu bisa konsisten untuk menyikat gigi pada malam hari sebelum tidur, maka kamu bisa mencegah diri kamu sendiri agar tidak terkena penyakit radang gusi.

2. Mencegah bau mulut

Menyikat gigi sebelum tidur bisa menghindarkan kamu dari bau mulut yang tidak sedap. Jika kamu tidak membersihkan gigi dahulu sebelum tidur maka kuman dalam mulut akan berkembang sehingga menyebabkan mulut mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Oleh karena itu, untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut tetap perlu dilakukan meskipun kamu dalam keadaan terlelap.

Baca Juga: Buncit? Lakukan 7 Gerakan Olahraga Ini untuk Mengecilkan Perut

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

3. Mencegah terbentuknya karang gigi

Tahukah kamu? Jika kamu jarang menyikat gigi, maka plak yang menempel pada gigi akan mengeras. Jika sudah mengeras seperti itu, karang gigi akan mudah terbentuk. 

Perlu kamu tahu, karang gigi ini bisa menyebabkan bau mulut serta gusi berdarah.

4. Mencegah terjadinya gigi berlubang

Dikutip dari Klikdokter, kandungan fluoride pada pasta gigi mampu mencegah terjadinya gigi berlubang. Perlu diketahui bahwa ketika kamu tidur, waktu perlekatan fluoride pada gigi menjadi lebih lama.

Hal ini dapat memengaruhi restrukturisasi pada gigi sehingga gigi kamu akan menjadi lebih kuat.

Itulah keempat manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rajin membersihkan gigi sebelum tidur. Dengan gigi yang bersih dan sehat tentu kamu akan lebih percaya diri untuk bepergian kemana-mana dan tentunya terbebas dari rasa sakit gigi (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga