adplus-dvertising

Jangan Tinggalkan Doa Ini Sebelum Salam Usai Tasyahud Akhir

Haerani Hambali, telisik indonesia
Senin, 04 Oktober 2021
4554 dilihat
Jangan Tinggalkan Doa Ini Sebelum Salam Usai Tasyahud Akhir
Doa sebelum salam ini harus dibiasakan diucapkan untuk memohon keselamatan diri dari siksa api neraka jahanam, fitnah kehidupan dan kematian serta fitnah Dajjal. Foto: Repro Merdeka.com

" Doa sebelum salam ini harus dibiasakan diucapkan untuk memohon keselamatan diri dari siksa api neraka jahanam, fitnah kehidupan dan kematian serta fitnah Dajjal "

KENDARI, TELISIK.ID - Tahukah Anda bahwa ketika sudah memasuki tasyahud akhir ada doa yang harus dipanjatkan sebelum salam? 

Doa sebelum salam ini harus dibiasakan diucapkan untuk memohon keselamatan diri dari siksa api neraka jahanam, fitnah kehidupan dan kematian serta fitnah Dajjal.

Doa sebelum salam dianjurkan oleh Rasulullah SAW, sebagai bentuk amalan ibadah, sesuai sabda Rasulullah SAW:


Tasyahud awal dan akhir merupakan rukun salat yang harus ditegakkan baik ketika melakukan ibadah wajib maupun sunnah. Sementara doa sebelum salam hanyalah anjuran dan boleh dibaca atau tidak ketika salat.

Dikutip dari Republika.co.id dalam buku Memahami Arti Bacaan Salat karya M Masrur disebutkan, doa sebelum salam terdiri dari 4 perkara. Doa ini bersumber dari hadis yang diriwayatkan Imam Muslim dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: 

“Allahumma inni audzubika min adzabi jahannama, wa min adzabil-qabri, wa min fitnati al-mahya wal-mamati, wa min syarri fitnati al-masiihi ad-Dajali.” 

Yang artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari siksa neraka jahanam dan siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, serta dari keburukan fitnah Dajjal.” 

Doa ini dibaca untuk memohon ampun dan perlindungan dari azab neraka jahannam, azab kubur, fitnah, dan kejahatan Dajjal.

Rasulullah pernah berpesan agar bila bertemu dengan Dajjal segera lari menyelamatkan diri. Karena Dajjal dengan segala kekuatan sihir yang paling sakti di muka bumi bisa meruntuhkan tauhid seorang Muslim dan Muslimah.

Fitnah Dajjal seolah-olah menunjukkan dan memberikan surga yang hakikatnya adalah neraka, begitu juga sebaliknya.

Dikutip dari Tribunmedan.com, dari Hudzaifah RA, Rasulullah SAW bersabda: "Dajjal cacat matanya yang kiri, keriting rambutnya, bersamanya surga dan nerakanya. Nerakanya adalah surga dan surganya adalah neraka." (HR. Muslim No. 2934).

Untuk itulah, sejak jauh hari Rasulullah telah mengajarkan doa dan amalan, dengan tetap menguatkan iman kepada Allah. Salah satunya dengan zikir dan melafazkan bacaan yang bersumber dari Al-Qur'an dan hadis.

Baca Juga: Keutamaan Menghafal Al-Qur'an bagi Kehidupan Dunia dan Akhirat

Baca Juga: Ingin Khusyuk Saat Salat? Ini Tipsnya

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan, jika biasanya manusia meminta hal-hal duniawi seperti rezeki, kesehatan, kaya, dan sebagainya. Namun menurutnya, Rasulullah menganjurkan umat Islam agar meminta empat hal yang sangat penting, seperti  dari video yang diunggah kanal YouTube Afterlife Fighters, 30 Mei 2020.

Alkisah, doa ini sangat penting, kata Ustaz Adi Hidayat. Imam An Nawai Thous punya anak dan setelah anaknya salat ia bertanya apakah kamu mengucapkan doa di atas, kata anaknya tidak. Lalu kemudian ia menyuruh anaknya salat lagi," kata Ustaz Adi Hidayat.

"Saking pentingnya doa ini disuruh salat lagi, ada perhatian orang tua yang sangat dalam pada anaknya, orang tua ingin anaknya selamat dari fitnah, orang tua ingin anaknya jadi saleh, orang tua mana yang tidak ingin anaknya hidup bahagia, orang tua mana yang tidak ingin anaknya saleh, karena itu ketika anaknya tidak menjalankan ini, disuruh ulang lagi sama bapaknya," kata Ustaz Adi Hidayat.

Kita harus mempersiapkan bekal kita di dunia untuk ke surga. Ongkosnya cukup mudah, bekalnya salah satunya ialah mengamalkan doa di atas. (C)

Reporter: Haerani Hambali

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga