Jelang Lebaran, Stok Bahan Pokok di Kendari Aman

Musdar, telisik indonesia
Sabtu, 09 Mei 2020
0 dilihat
Jelang Lebaran, Stok Bahan Pokok di Kendari Aman
Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari. Andi Sulolipu. Foto: Musdar/Telisik

" Jadi kalau stok pangan itu mereka jamin aman. Karena kebanyakan bahan pokok di Kendari bisa disuplai dalam Sultra sendiri. Seperti beras yang baru saja panen raya, dan Konawe menjadi penopang kita terkait ketersediaan beras. "

KENDARI, TELISIK.ID - Komisi II DPRD Kota Kendari memastikan ketersediaan sembilan bahan pokok akan aman sampai lebaran tiba.

Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari, Andi Sulolipu, mengatakan, berdasarkan keterangan pihak Dinas Pangan Kota Kendari saat Rapat Dengar Pendapat (RDP), bahan pokok seperti gula, beras, tomat, cabe, sayur, terigu dan bahan pokok lainnya masih aman.

"Jadi kalau stok pangan itu mereka jamin aman. Karena kebanyakan bahan pokok di Kendari bisa disuplai dalam Sultra sendiri. Seperti beras yang baru saja panen raya, dan Konawe menjadi penopang kita terkait ketersediaan beras," jelasnya, Jumat (8/5/2020).

Meskipun stok dipastikan aman, namun Komisi II tetap meminta agar pihak terkait selalu mengantisipasi agar tidak terjadi lonjakan harga. Pasalnya lonjakan harga biasa terjadi dikarenakan pedagang pasar yang juga ikut memainkan harga.

Baca juga: Sempat Ditunda Karena COVID-19, MotoGp Resmi Digelar Pertengahan Juli

"Saya sampaikan agar dinas terkait selalu memantau lonjakan harga. Karena kemungkinan dalam waktu dekat menjelang lebaran, kita bisa turun bersama-sama untuk meninjau harga di pasaran," tambah Politisi PDIP ini.

Sementara Kepala Dinas Pangan Kota Kendari, Imran Ismail mengungkapkan, terkait harga, pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Perdagangan untuk sama-sama mengantisipasi lonjakan harga di pasar.

"Yang jelas kami dan Disperindag akan memantau. Karena biasanya jelang lebaran ada beberapa bahan komoditi yang mengalami kenaikan karena memang agak susah masuk di Kendari seperti gula yang harus kita suplai dari Surabaya," tutup Imran.

Reporter: Musdar

Editor: Rani

Baca Juga